Perancangan Sentra Penangkaran Benih Hortikultura dan Pangan Dengan Konsep Arsitektur Neo-Vernakular di Kabupaten Bantaeng

Aan Kunaifi, Irnawaty Idrus, Citra Amalia Amal, Khilda Wildana Nur, Rohana nana, Salmiah Zainuddin

Abstract


Keberadaan sebuah penangkaran benih hortikultura dan pangan sangat dibutuhkan sebagai sarana memperoleh informasi, pelestraian tanaman, dan  sarana memperkenalkan potensi pertanian dari sebuah daerah. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sentra penangkaran benih hortikultura dan pangan dengan tujuan untuk pengembangan benih pertanian dan mewadahi petani mengenai pertanian. Untuk menanggapi hal tersebut perancangan ini mengambil pendekatan konsep Arsitektur Neo-Vernakular yang bertujuan mengangkatnilai-nilai arsitektur daaerahuntuk menjadi konsep dasar menyesuaikan dengan lokasi perancangan. Objek rancangan yang di tawarkan oleh penulis sebagai usulan desain ialah Perancangan Sentra penangkaran Benih Hortikultura dan Pangan. Dimana terdapat sebuah area untuk petani memperoleh informasi dan sebagai sarana edukasi dan kegiatan pendukung lainnyayang berkaitan denganpenangkaran Benih Hortikultura dan Pangan.

Full Text:

123-131 PDF

References


Nababan,A.(2020). PROSPEKUSAHAPENANGKARAN BENIHKEDELAIDIPROPINSI PAPUA. JurnalAgroSainTa.

Rahmania.(2019). Komparasi PenerapanArsitektur Neo-Vernakular Pada Elemen Fisik Pusat Budaya Diindonesia Dan Malaysia. Roendhy Poerwant,A. D.(2021).Teknologi Hortikultura. Bogor: Percetakan IPB.

Setyono,A.(2010). PerbaikanTeknologi Pascapanen. Pengembangan Inovasi Pertanian.

Sukada, B.A.(1988).Analisis Komposisi FormalArsitektur Post-Modern. Seminar FTUI.Depok.

Widi, C. D., & Luthfi Prayogi. (2020). PenerapanArsitektur Neo-Vernakular Pada Bangunan. PenerapanArsitektur Neo-Vernakular. Yayat Sukayat, D. S. (2019). Orientasi Petani Bertanidi Lahan Kering. Jurnal Ilmiah Pertanian.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v1i2.8559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats