Perancangan Hotel and Convention Center dengan Pendekatan Arsitektur Hijau di Kabupaten Bulukumba

Nur Wahyuni Darwis, Aris Sakkar Dollah, Sahabbuddin Latif, Citra Amalia Amal, Siti Fuadillah Alhumairah Amin, Andi Yusri

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai keberadaan perancangan hotel konvensi sebagai solusi dari kebutuhan akan ruang konvensi yang kurang dan sebagai solusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi lapangan, studi banding, dan studi literatur yang kemudian diperoleh berupa data-data dari penelitian tersebut yang selanjutnya dianalisis dan diolah sehingga adanya hasil penelitian mengenai proses perancangan hotel and convention center tersebut. Hasil dari penelitian dengan ketiga metode penelitian itulah yang selanjutnya diolah dan diuraikan menjadi sebuah hasil berupa perancangan Hotel and Convention Center di Kabupaten Bulukumba. Pendekatan Konseptual yang digunakan adalah Arsitektur Hijau yang dapat digambarkan sebagai bangunan berkelanjutan, ramah lingkungan, tanggap iklim, sadar energi, dan cerdas budaya.Tujuan dari perancangan hotel and convention center diharapkan dapat menciptakan icon baru pada Kabupaten Bulukumba sebagai Kabupaten berkembang dan mempunyai identitas Kota yang memiliki banyak beragam budaya dan Pariwisata serta menjadikan bangunan ini sebagai wadah tempat pertunjukan event-event besar.


Keywords


Arsitektur hijau, bulukumba, desain hotel convention center

Full Text:

150-157 PDF

References


Abidin, A. Z. (2022). Hotel Bisnis Di Kabupaten Gresik Dengan Pendekatan Arsitektur Hijau (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Erdiono, Deddy. "ARSITEKTUR HIJAU: Arsitektur Ramah Lingkungan." EKOTON 9.1 (2012).

Febrianto, R. S; Wulandari, L. D; Santosa, H. 2017. Domain Ruang Perempuan Pada Hunian Masyarakat Peladang Desa Juruan Laok Madura Timur. Jurnal Tesa Arsitektur Volume 15, Nomor 1

Fitriansyah, A. (2017). Perencanaan Dan Perancangan Hotel Bintang 5 Penekanan Pada Arsitektur Hijau. Kurva Mahasiswa, 2(2), 671-686.

Islam, Direktur Jenderal Pendidikan. "Kementerian agama ri." Petunjuk Teknis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian (2015): 2.

Karyono, T.K. (2010). Green Architecture: Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau di Indonesia. Jakarta: Rajawali

Kembuan, C. M., Suryono, S., & Poli, H. (2019). Hotel dan Convention Center di Manado. Arsitektur Kontemporer (Doctoral dissertation, Sam Ratulangi University).

Lawson, F.R.1981.Conference, Convention & Exhibition Facilities, London, Lawson Fred, Hal. 95 (2010)

Neufert, E. (1973). Data Arsitek, Edisi 2, Jilid 2, Jakarta: Erlangga

Santoso, S. (2011). Convention Center Di Kota Tegal (Doctoral Dissertation, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip).

Sukma, Y. P. C. (2021). City Hotel Bintang 5 Semarang Dengan Pendekatan Desain Arsitektur Hijau. Jurnal Poster Pirata Syandana, 2(02).

Utsman, Muhammad Rochbani, Widi Suroto, and Yosafat Winarto. "Penerapan Prinsip Arsitektur Hijau pada

Bangunan Kantor Sewa di Surakarta." Senthong 2.2 (2019).

Wanodyatama, R. (2016). Perancangan convention center dan hotel dengan pendekatan arsitektur waterfront di Jakarta. SKRIPSI-2016.

Winarso, Josephine Ershanti, Yosafat Winarto, and Samsudi Samsudi. "Aplikasi Pendekatan Arsitektur Hijau Pada Bangunan Perpustakaan Anak Di Kabupaten Sukoharjo Dengan Aspek Efisiensi Dan Konservasi Energi." Senthong 2.1 (2019).




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v2i2.12579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats