Perancangan Hotel Resort di Danau Biru Kolaka Utara Dengan Pendekatan Arsitektur Tropis

Nur Alif, Mursyid Mustafa, Andi Yusri, Ashari Abdullah, Irnawaty Idrus, Nurhikmah Paddiyatu

Abstract


Indonesia merupakan negara yang berada di daerah khatulistiwa. Dengan letak Indonesia yang berada di kawasan khatulistiwa ini, Indonesia memiliki iklim tropis. Iklim tropis ini merupakan berkah dari Allah SWT yang diberikan kepada bangsa Indonesia. Iklim tropis yang berhawa sejuk dan hangat sepanjang tahun salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berasal dari negara kawasan sub-tropis yang suhu rata-ratanya dapat lebih dingin apabila dibandingkan dengan kawasan tropis. Salah satu wilayah yang memiliki potensi alam yang berlimpah adalah Sulawesi Tenggara khususnya Kabupaten Kolaka Utara atau lebih tepatnya di Danau Biru, sangat disayangkan jika keindahan alam yang dimiliki tidak diolah dan dimanfaatkan dengan bijak, salah satu bentuk pengolahannya adalah dengan menjadikan tujuan wisata. Kegiatan berwisata tersebut harus didukung dengan fasilitas hunian sebagai tempat tinggal sementara para wisatawan, dan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung dalam menginap selama berwisata ke Kolaka Utara. Pada perancangan hotel resort ini menggunakan pendekatan arsitektur tropis dimana material yang digunakan yaitu material yang berasal dari alam dan juga ramah lingkungan juga mudah untuk di dapatkan dan tentunya memiliki harga yang terjangkau, tujuannya untuk memanfaatkan hasil alam yang berada di Kab. Kolaka Utara dan juga mengurangi penggunaan energi yang berlebihan pada bangunan.


Full Text:

90-100 PDF

References


American Encylopedia: American Encylopedia https://hotelpopuler.com/

A.S. Hornby, Oxford Leaner’s Dictionary of Current English, Oxford University Press, 1974

Asrinah, A. (2013). Studi Pemanfaatan Ruang Kawasan Wisata Danau Biru Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Chuck Y. Gee, Resort Development and Management, Watson-Guptil Publication 1988

Dzulhijjah, N., Nahdatunnisa, N., & Muhammad, M. (2022). Penerapan Arsitektur Tropis pada Kawasan Wisata Permandian Air Panas Di Desa Sonai Kabupaten Konawe. Jurnal PROYEKSI: Arsitektur dan Perencanaan, 2(1), 15-22

Fatimah, S. N. (2022). Perancangan Hotel Resort Bandungan. Jurnal Poster Pirata Syandana, 3(2).

Karyono, T. H. (2000). Mendefinisikan kembali Arsitektur tropis di Indonesia. Majalah Desain Arsitektur, 1, 7-8.

Lippsmeier 1994 https://journal.uib.ac.id

Nyoman.S. Pendit. Ilmu Pariwisata, Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti, 1999

Oxford Advanced Leaner’s Dictionary https://elib.unikom.ac.id/

Profesor K, Kraft: Lembaga Riset Pariwisata oleh: Prof. K. Kraft https://www.sastrawacana.id/

Simanjuntak, D. E. (2012). Landasan Konseptual perancangan dan perencanaan Hotel Resor di Pantai Sundak (Doctoral dissertation, UAJY).

Zuhdi, F. (2013). Perancangan hotel resort di Ngadas: Tema arsitektur nusantara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v2i1.12509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats