PENGEMBANGAN ELEKTRONIK KOMIK (E-KOMIK) PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PENTING SEKITAR PROKLAMASI DI KELAS V SD

Intan Wibianto Putri, Arita Marini, Rosinar Siregar

Abstract


Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Elektronik Komik (E-Komik) “Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi” pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Kramat Pela 07, Jakarta Selatan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi dosen ahli media, dosen ahli materi, dosen ahli bahasa, ahli pemeriksa (guru kelas V SDN Kramat Pela 07) serta peserta didik kelas V SDN Kramat Pela 07. Uji coba pengguna dalam penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap small group dikarenakan mewabahnya pandemi Covid-19. Hasil rekapitulasi ahli media sebesar 91.05%, ahli materi sebesar 96.00%, ahli bahasa sebesar 92.85% dan ahli pemeriksa (guru kelas) sebesar 97.33%. Selain itu hasil dari tahap uji coba One to One sebesar 97.22% dan Small Group sebesar 98.89%. Berdasarkan hasil Expert Review dan uji coba yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa E-Komik “Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi” merupakan produk yang valid dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran IPS materi Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi di  kelas V Sekolah Dasar.


Keywords


Kata kunci: E-Komik; IPS; Penelitian dan Pengembangan.

Full Text:

PDF

References


Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal PenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987

Gusti, I., Agung, L., Putra, K., Dewa, I., Tastra, K., Suwatra, W., & Pendidikan, J. T. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN 1 Selat. In Jurnal Edutech Undiksha (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3939

Kurniawan, B., Marwan, I., & Manan, A. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran E-Comik Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII. EDUDEENA, 1(1). https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.442

Melinda, V. A., Nyoman, I., Degeng, S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton Kencong. In JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran (Vol. 3, Issue 2).

http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2383

Nouri, N. A., Nurul, M., Ibad, B. K., Wardatul, J., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Materi Transformasi GeometrI Kelas XI. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 146–164. https://aritmatika.iain-jember.ac.id/index.php/arm/article/view/10

Rohaeni, S., & Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6258

Sabrina, A., Shidiq, P., Niaga, P. T., & Ekonomi, F. (2021). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1356–1362. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40489

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.5607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.