Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA.2 SMA Negeri 1 Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar

Uun Ulfa Pratiwi

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian Pra Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest  yang  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif. Populasi dalam penelitian  ini  adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar yang berjumlah 96 orang, dengan teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cara simple  random sampling sehingga terpilihlah kelas XI IPA.2 yang berjumlah 32 siswa sebagai sampel penelitian. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan dua teknik statistik, Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa  pada  Pretest  adalah sebesar 7,19 dan skor  rata-rata pada Post-test adalah  sebesar 14,25. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan  model pembelajaran  siklus belajar empiris induktif mengalami peningkatan daripada skor rata-rata hasil belajar fisika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran  siklus belajar empiris induktif. Berdasarkan, hasil penelitian dari uji N Gain dengan menggunakan kriteria interpretasi gain yang dikemukakan oleh Haake maka terdapat tiga siswa dengan interpretasi gain tinggi, sepuluh siswa dengan interpretasi gain rendah dan Sembilan belas siswa dengan interpretasi gain sedang. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA.2 SMA Negeri 1 Pol-Ut kabupaten Takalar  tahun ajaran 2013/2014 sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar empiris induktif  dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif, Hasil Belajar.

This study is the kind of research Pre-Experiment with design One-group pretest-posttest that aims to understand the physics student learning outcome after learning model applied empirical inductive learning cycle. The population in this study were all students of class XI SMA Negeri 1 North Polombangkeng KabupatenTakalar totaling 96 people, with engineering samples in this study using simple random sampling so that the elected class XI IPA.2 totaling 32 students as the study sample. Data processing results of this study using two statistical techniques Based on data analysis and discussion shows that the average score of students' physics learning outcomes at pretest is equal to 7.19 and the average score on the Post-test was 14.25. Thus the results showed that scores physics student learning outcomes after application of learning models empirical inductive learning cycles increase than the average score of students' physics learning outcomes before learning model applied empirical inductive learning cycle. Based, the results of the test by using the N Gain gain interpretation criteria proposed by Haake then there are three interpretations of students with high gain, the ten students with low gain interpretation and Nineteen students with the interpretation of the gain medium. Therefore, it is concluded that there is a learning outcome IPA.2 physics class XI student of SMAN 1 Pol-Ut Takalar district academic year 2013/2014 before and after application of learning models empirical inductive learning cycle. It can be concluded that the application of learning models empirical inductive learning cycle in teaching physics to improve learning outcomes.

Keywords: Learning Model Cycle Inductive Empirical Study, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W. 2006. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Rapi, Ni Ketut. 2006. Implementasi Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif dengan Peta Konsep dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII SLTPN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No.3 TH. XXXIX Juli 2006.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i3.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Physics Education Department, Universitas Muhammadiyah MakassarAll rights reserved. (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015)