Peranan Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIIA SMP Aksara Bajeng
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian pra-Eksperimen dengan desain One-Shoot Case Study yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika pada peserta didik kelas VIIA SMP Aksara Bajeng pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIA SMP Aksara Bajeng yang terdiri dari 18 orang.Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil dari data hasil belajar fisika yaitu penilaian aspek kognitif diberi tes pada pertemuan keempat, aspek afektif diberi angket tentang pernyataan untuk mengukur motivasi dan minat peserta didik serta aspek psikomotorik diperoleh dari pengamatan tentang aktivitas belajar setiap pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar fisika pada aspek kognitif menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar adalah 18 orang (100%). Hasil analisis deskriptif hasil belajar fisika pada aspek afektif menunjukkan bahwa peserta didik berada pada kategori sangat baik dan baik. Hasil analisis deskriptif hasil belajar fisika pada aspek psikomotorik menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar adalah 16 orang (88,89%). Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berfikir induktif dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIIA SMP Aksara Bajeng tahun ajaran 2011/2012.
Kata kunci : Induktif, Pra Eksperimen, dan Hasil Belajar.
This research was the research kind Pre- the Experiment with the design of One-Shoot Case Study that aimed at learning results studied physics of the class student VII A SMP Aksara Bajeng was inspected from te cognitive aspect, affective and psychomotor that was taught with the model teaching thought Induktive the Academic Year 2012/2013. The subject of the population in this research was all the class student of VII A SMP Aksara Bajeng totalling 18 participants educated. The data collection was in this research taken from the studyng results data of physics that is the assessment of the kognitive aspect was given by the test in the fourth meeting, the aspect afektive was given by the poll about the statement to measure the motivation and the interest of participants educated as well as the aspect psykomotor was received from observation about the studying activity of each meeting. The data that was gathered was analysed desciptively. Results of the descriptive analysis of studying results of physics in the cognitive aspect showed that the number of participants educated that experienced the studying completeness was 18 people (100%). Results of the descriptive analysis of studyng results of physics in the aspect afective showed that participants educative was in the category was very good and good. Results of the descriptive analysis of studying results of physics in the aspect psychomotor showed that the number of participants educated that experienced the studying completeness was 16 (88,89%). From results of the analysis above could be concluded that through the model teaching thought inductive could increase studying results of participants’s physics of educating the class VII A SMP Aksara Bajeng the Academic Year 2011/2012.
Key word : inductive, Pra Eksperimen, and study results.
Full Text:
PDFReferences
Anonim. Model pembelajaran inductive thingking, html. http: blog pendidikan.com, 2/11/2010
Anggrian, Dian. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas II SMAN 2 Watampone Konsep Sistem Gerak Pada Manusia. Skripsi”: FMIPA UNM
Anonim.Modul strategi pembelajaran tendik, html.http:www.edukasi.com, 02/112010.
Arikunto,Suharsimi. 2005.Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
.................... 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Muh.ArifTiro,B.A. 1999. Dasar-dasar Statistika. Makassar : State University of Makassar Press.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana,Nana.2008. Penilaian hasil pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. S. H. D. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partiipatif. Bandung: Falah Production.
Sugiyono,2010.Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R & D). Alfabeta: Bandung.
Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif. Mataram: NTP Press.
Syafruddin. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i3.237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.