ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMEBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar kuhususnya di SD Negeri Bawakaraeng I. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Bawakaraeng I telah dilakukan dengan baik, yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam proses pembelajaran, selain itu implementasi pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di dalam kelas tapi juga dilakukan di luar kelas, seperti memberikan contoh atau teladan yang baik agar tidak melakukan perbuatan menyimpang seperti bullying, berkelahi dengan teman atau bahkan saling bermusuhan. Dengan demikian perilaku sopan, bertanggung jawab, dan saling menghargai telah ditanamkan dalam jiwa peserta didik. Penyelenggaraan pendidikan karakter adalah satu hal yang multlak dilakukan di jenjang pendidikan manapun, khususnya di sekolah dasar. Hal ini karena pendidikan dasar merupakan pondasi utama bagi tumbuh kembang generasi muda Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik dan diterapkan oleh peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar, 4, 10.
Abustang, P. B., Marini, A., Fatimah, W., & Ramdhani, U. (2022). Dampak Pembelajaran dalam Jaringan ( Online ) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Covid-19. 6(6), 9926–9935.
Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 16. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150
Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273. file:///C:/Users/Acer/Downloads/1097-Article Text-2199-1-10-20210428.pdf
Fitria, P., Teguh, S., Pekalongan, S. M. K. N., & Tengah, J. (2017). Penyimpangan Sosial dalam Novel Neraka Dunia Karya Nur Sutan Iskandar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 307–313.
Galuh Nur Insani, DinieAnggraeni Dewi, Y. F. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5No, 8154.
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Nurroini, A., Bambang, Y., & RP, E. Y. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Melalui Media Visual Basic Application. Indonesian Values and …, 3(1), 31–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27601
Rahmat, A., Mirnawati, M., Halidu, S., & Dehi, P. M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 217. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.217-224.2018
Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 01(01), 1–8.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Syaumi, I. K., Adi, W. P. S., Arifin, M. H. A., & Wahyuningsih, Y. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4277–4281.
Tri Wijayanti, A., & Armyati, L. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar (Sd Pb Soedirman, Sd N Dukuh 09 Pagi, Sd NSusukan 06). Jipsindo, 1(1), 20–38. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2877
Waddi Fatimah, Perawati Bte Abustang, R. S. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 28–35.
Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Perawati Bte Abustang, Mohamad Syarif Sumantri, Nina Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.