Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Power Point di Kelas VIII SMP Unismuh Makassar

Nasir Nasir

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Power Point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Unismuh Makassar sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistic.Berdasarkan hasil dari tes awal menunjukan bahwa siswa yang mendapat nilai persentase sangat tinggi sebanyak 2 orang (9%), yang mendapat nilai persentase tinggi sebanyak 3 orang (14%), siswa yang mendapat nilai pada kategori cukup sebanyak 12 orang (55%), siswa yang mendapat nilai rendah sebanyak 5 orang (22%).  Sedangkan pada hasil Posttest menunjukan bahwa dari hasil belajar siswa yang mendapat nilai  persentase sangat tinggi sebanyak 22 orang (100%). Analisis dekskriptif angket dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Power Point Di Kelas VIII SMP Unismuh siswa berpengaruh baik terhadap dalam proses pembelajaran sehingga efektif untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri, 2009, Media Pembelajaran, Surakarta: LPP UNS dan Press.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Arsyad, Azhar, 2006, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. 2002. Jakarta: Ciputat Pers

Komariyah, Aan dan Cepi Triyana, 2006, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E, 2006, Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prawiradilaga, dkk, 2007, Mozaik Teknologi Pendidikan, Yogyakarta: Prenanda Media.

Sudjana, Nana, 1997, Media pembelajaran, Bandung: Sinar Harapan

Sudjana & Rivai, 1992), Media Pengajaran, Bandung : Penerbit C.V. Sinar Baru Bandung.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nasir Nasir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.