Pengaruh Aktivitas dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, khususnya hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No 34 Bungung Katammu Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika, angket aktivitas belajar, dan angket gaya belajar. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan rhitung sebesar 0,419. Demikian pula terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan rhitung sebesar 0,407. Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara aktivitas dan gaya belajar sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar sebagai variabel terikat.
This research is an ex-post facto research. This study aimed to determine the effect of students’ learning activities and learning style to learning achievements, particularly in mathematics subject. The respondents were 4th grade students in SD No 34 Bungung Katammu Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. There were 25 respondents consist of 11 male and 14 female. The research instruments used in this research are mathematics achievement test, learning activities questionnaire, and learning style questionnaire. Data analysis results showed a positive and significant relationship between students’ learning activities and learning achievements by r 0,419. Similarly, there is a positive and significant relationship between students’ learning style and learning achievements by r 0,407. Thus, it can be concluded that students’ learning activities and students’ learning style effect students’ mathematics learning achievements.
Full Text:
PDFReferences
Deporter, Bobbi. Dkk. 2014. Quantum teaching. Bandung: Kaifa.
Deporter, Bobbi. Dkk. 2010. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Gardner, Howard. 2013. Multiple Intelligences. Daras Books.
Sagitasari A, Dewi. 2010. Hubungan Antara Kreativitas dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2006. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suliswanto, Agus. 2013. Pengaruh Kreativitas dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang: STKIP PGRI Jombang.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Nurfajrianti Nurfajrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.