Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Takalar

Amri Amal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang berkualitas di Sekolah Dasar; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah digunakan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini meliputi 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap penyebaran. Instrumen penelitian ini meliputi: 1) penilaian ahli dan guru terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan; 2) soal tes, kemudian dianalisis dengan analisis data uji validasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian  adalah; (1) Perangkat pembelajaran IPA berorientasi inkuiri terbimbing yang meliputi: a) Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), b) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes hasil belajar, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria sangat valid, praktis, dan efektif digunakan; (2) Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran IPA. Indikator efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar pretest-posttest dan selisih hasil pretest-posttest.

 

 


Keywords


Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Pembelajaran IPA di SD; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF). Bandung: Yrama Widya.

Brickman, P., “Effects of Inquiry-Based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence”, International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning. Vol. 3 (2), 2009.

Borg, W. R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research. Fourth edition. NewYork: Longman Inc.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Lember Kerja Siswa. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Hartono, Rudi. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Hussain, A., dkk., “Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry vs Traditional Lecture”, International Journal of Humanities and Social Learning. Vol. 1 (19), 2011.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kemendiknas. 2007. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Univessitas Negeri Malang

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Amri Amal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.