HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 03 PAJO

Ija Srirahmawati, Angga Putra, Taufik Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 03 Pajo tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas IV SDN 03 Pajo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.  Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa data kuantitatif. Setelah data penelitian terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) Pengasuhan Orangtua dan motivasi belajar siswa SDN 03 Pajo berada pada kategori tinggi (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengasuhan orangtua dengan motivasi belajar siswa. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, menyusul pola asuh otoriter dan permisif. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Pengasuhan Orangtua, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916

Fajarwati, N. A., & Gustina, E. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Bantul Yogyakarta. 45, 5–10.

Leon, N. (2020). Hubungan persepsi pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa.

Maulana, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Di Mts Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. 51.

Nirawanti Triutami. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Pada Sekolah Smpn 7 Turatea Kabupaten Jeneponto.

Palupi ,Retno (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Di Smpn N 1 Pacitan . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatin, Siti (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro ISSN: 2442-9449 Vol.3. No. 1

Wibowo, Agus; Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.7765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ija Srirahmawati, Angga Putra, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.