Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Ihda Hidayati Putri Utami, M. Anas Thohir

Abstract


Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara daring seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua untuk mendampingi anaknya sebagai pengganti guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan orang tua terhadap kesehatan mental siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarak jauh. Metode kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan studi kasus, dan dengan partisipan yang berjumlah 10 orang peserta didik siswa kelas V di salah satu Sekolah Dasar di Tulungagung. Siswa tersebut berumur 9-10 tahun. Pengambilan sample dilakukan dengan purposif sampling dan data analisis data dilakukan secara deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendampingan orang tua berpengaruh terhadap kesehatan mental siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarak jauh. Namun ditemukan banyak faktor yang menjadi penghambat dalam pendampigan orang tua salah satu faktor utama penghambat adalah kesibukan orang tua dan kesiapan orang tua sebagai pengganti guru. Selama pembelajaran jarak jauh berlangsung anak merasa jenuh akibat pembelajaran yang terkesan monoton dan anak berkemungkinan besar mengalami kecanduan handphone.


Keywords


Pendampingan Orang Tua, Kesehatan Mental, Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


Ambaryanti, R. (2013). Hubungan intensitas pendampingan belajar orang tua dengan kualitas hasil belajar siswa di ra al-islam mangunsari 02 semarang tahun pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2). https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9240

Corbin, J. M. (1990). Basics of qualitative research: Grounded theory procedures and techniques. Sage.

Fauziah, N., & Nadlifah, N. (2021). Jenuh Belajar: Strategi Orang Tua dalam Membersamai Anak Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 98–108. https://doi.org/10.14421/goldenage.2019.51-01

Hakim, L. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 192–220. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152. https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726

Moleong, L. J. (2004). Metode penelitian kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua Terhadap Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.53

Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi orang tua dalam pendampingan belajar siswa selama masa pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1690–1699. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.969

Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.7691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ihda Hidayati Putri Utami, M. Anas Thohir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.