PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN 05 PASAR BARU KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Indah Fajri Hilmi, Mai Sri Lena

Abstract


Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar dari peserta didik. Penelitian termasuk jenis PTK menggunakan metode kuantitatif serta kualitatif yang dilakukan dengan II siklus dengan menggunakan observasi serta tes. Guru serta 25 Peserta Didik sebagai subjek yang diteliti. Siklus I hasil penelitian pada RPP tergolong baik memperoleh rata-rata 80%, siklus II 92% tergolong sangat baik. Pada siklus I Penilaian sikap tergolong baik yaitu 87,5, siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik, sedangkan pada siklus I pelaksanaan pembelajaran 84,4% pada aspek peserta didik tergolong baik dan siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik. Pada siklus I penilaian sikap dikategorikan baik, siklus II sangat baik. Pada siklus I skor rata-rata 72% dan pada siklus II Baik dengan 84% Baik untuk hasil belajar peserta didik. Siklus I yaitu 78% ketuntasan adalah cukup, siklus II yaitu 92% sangat baik. Untuk itu penerapan model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas V SD pada penelitian ini.

Keywords


Hasil Belajar; Tematik Terpadu; Model Kooperatif Tipe TGT

Full Text:

PDF

References


-Article Text-269-1-10-20171026. n.d.).

Ahkira, T., Yuni1, M., & Lena2, M. S. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Problem Based Learing (PBL) pada Tematik Terpadu di Sekolah Dasar.

Armin, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Aulia Hakim, S., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA Di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education (Vol. 1).

Azkatulfauzah, M., Pendidikan, J., Guru, P., & Dahlan, U. A. (n.d.). MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD N 1 BUMIREJO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT).

Budiarti, Y., Sumirat, F., & Murti, A. K. (2021). PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM. PEDAGOGIK (Vol. IX).

Clarisa, A. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD.

Effendi, R. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD.

Fauzana, A., Lena, M. S., Guru, P., Dasar, S., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Snowball Throwing di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Bonjo Alam Ampek Angkek.

Fitra, Y., Universitas, S., Tambusai, P. T., Tuanku, J., No, T., & Yenni, B. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMESTOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BANGKINANG KOTA, 2(1), 154–163.

Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN BEHAVIOR MODIFICATION. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2).

Hayati, J. P., Mtsn, S. H., & Utara, H. S. (n.d.). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT Pada Siswa Kelas VII MTs. Negeri 3 Hulu Sungai Utara.

Iasha, V. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2). Retrieved from http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD

Jurusan, R., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar (Vol. 4).

Komang, N., Yunita, D., Ketut, N., Tristiantari, D., & Dasar, J. P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia (Vol. 1).

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Merantika1, J., & Lena2, M. S. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU DENGAN PENDEKATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MODEL MATRIKS DI SD. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Vol. 6).

Muhith Gedung Pascasarjana IAIN Jember Jl Mataram Nomor, A., & Muhith, A. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di Min III Bondowoso. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 45–61.

Mulyani, Y., Pd, S., Negeri, S., & Aceh, B. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya Pada Siswa Kelas XI-1 SMA Negeri 4 Banda Aceh Melalui Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament). Serambi Konstruktivis (Vol. 1).

Riset, J., Dan, T., Pendidikan, I., Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar, 2(1), 205–218.

Safarina, E. I., Mahasiswa, ), Keguruan, F., & Pendidikan, I. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA (THE INFLUENCE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TGT TO THE LEARNING RESULT OF IPA VIEWED FROM ABILITY OF TEAMWORK).

Sahabuddin, S., Yunus, M., & Nur, M. (2021). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz dengan Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SD Negeri Lakkang. Bosowa Journal of Education, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1170

Sd, D. (2013). MODEL LISTENING TEAM Oleh : Reinita Universitas Negeri Padang, XIII(1), 34–39.

Setianingrum, S., & Sulistya Wardani, N. (n.d.). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.21009/JPD.092.01

Sulistya Wardani, N., Tyas Asri Hardini, A., Kristin, F., Guru Sekolah Dasar, P., Kristen Satya Wacana, U., & Info, A. (n.d.). Model Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Kontekstual Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa SD The Instructional Design With Contextual Integrated Thematic Model To Improve Meaningful Learning For Elementary Students.

Suryani, A., Made Suarjana, I., & Artini, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29–34. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ

Sutarman, E., & Ngawi, K. (n.d.). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX G SEMESETER I SMP NEGERI 1 KEDUNGGALAR.

Tarbiyah dan Keguruan UIN, F., & Kalsum Nasution, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-mail, 11(1).

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2294–2304. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1192

Tris Diantoro, C., Aditia Ismaya, E., & Eko Widianto, dan. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI EDMODO PADA SISWA SEKOLAH DASAR.

Trisnawati, W., Musanada, N., Ovi Monik P, S., & Hanik, E. U. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 05 NGEMBALREJO BAE KUDUS. PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 4). Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Usman Ali, L., Zaini, M., Studi Tadris Fisika, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Kunci, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Papan Game Number One untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 6(1). Retrieved from http://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnalHalaman%7C43

Winoto, S., Anggia, V., Ariawan, N., Majenang, S., & Com, W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary Education, 04.

Yuliyanto, A., Putri, H. E., & Rahayu, P. (n.d.). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD MELALUI PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA).

Yuniawardani, V. (2018). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD (Vol. 1).




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.7005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Fajri Hilmi, Mai Sri Lena

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.