Keefektifan Media Penuntun Deskripsi Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Menulis Deskriptif Peserta Didik Kelas IV SdN 143 Inpres Leko Maros
Abstract
Standar kompetensi menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia merupakan penentu untuk menunjukkan jati diri sebagai pribadi yang mampu karena peserta didik yang mampu menerangkan ide/gagasannya, perasaannya, dan pendapatnya dalam bentuk tulisan sesuai dengan keinginannya. Masalahnya, pembelajaran menulis masih beklum menggembirakan. Hal ini terungkap dalam banyak hasil penelitian. Upaya untuk memperbaiki secaraterus menerus melakukan upaya kreatiftermasuk dalam penelitian. Salah satu jenis keterampilan menulis yang dianggap tidak berhasil adalah menulis deskripstif di sekolah dasar sehingga penelitian mengenai peningkatan kemampuan menulis deskriopsi perlu dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya mengujicobakan efektif tidaknya penggunaan media kartu penuntun deskripsi dan teknik mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi peserta didik kelas IV SDN 143 Inpres Leko Kabupaten Maros.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Adapun populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SDN 143 Inpres Leko Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros tahun pelajaran 2020/2021. Populasi tersebut berjumlah 27 orang yang dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling.
`Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penuntun deskripsi dan teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 143 Inpres Leko Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Hal ini telah dibuktikan dalam hasil uji coba yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kleterampilan menulis deskripsi siswa sebelum dan sesudah menggunakan penuntun deskripsi dan teknik mind mapping dengan nilai “t” stat adalah 15,09152106 sedangkan nilai t Critical two-tail adalah 2,055529439.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Muhammad. 2013. Menulis Kreatif . Jakarta: Insan Press
Astutik 2015. http://ksupointer.com. Diakss 21 Februari 2021
Buzan, Tony. 2013. Mind Map Pintar untuk Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Darmawan, Ahmad. 2011. “Peningkatan Kemamapuan Menulis Deskripsmelalui Mind Mapping Peserta didiki Kelas VI SD di Probolinggo” Jurnal Eksis. Vol 2 2011
Dimiyati. 2012. Pembelajaran Membaca dan Menulis. Jakarta: Gema Press
Jamal, Serlina. 2018. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Peserta didiki Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Makassar, November 2018
Nursito. 2010. Penuntun Mengarang. Yokyakarta : Adicita Karya Nusa.
Rizky Mega, Mila Nurjani, Sary Sukawati. 2019. Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Peserta didiki Kelas X Di Ma Nurul Falah Cimahi. Jurnal IKIP Siliwangi. Vol. 4 Oktobe 2019
Rusdi , Muhammad. 2015. Keterampilan Menulis . Jakarta: Gema Media
Saleh, Mira. 2015. Kemampuan Mengarang Deskripsi Peserta didiki S Kabupaten Probolinggo. Tesis . Universitas Negeri Malang
Sukmawati, S. 2016 Peningkatam Kreativitas Menulis Cerpen melalui Metode Mind Mapping Jurnal Parol IKIP Siliwangi. Januari 2016.
Sumarmo .2010. Pembelajaran Menulis di SMA. Jakarta: Gramedia
Syafi’ie , Imam. 2010. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Gema Media.
Syafi’ie, Imam. 2011. Keterampilan Menulis. Jakarta: Dirjen Sekolah Dasar.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Sebuah Keterampilan . Bandung: Angkasa
Tompkins. 1990. Menulis di Sekolah (terjemahan). Jakarta: Rosda Karya
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.6772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Marlina B
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.