Keefektifan Media Penuntun Deskripsi Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Menulis Deskriptif Peserta Didik Kelas IV SdN 143 Inpres Leko Maros

Marlina B Marlina B

Abstract


Standar kompetensi menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia merupakan penentu untuk menunjukkan jati diri sebagai pribadi yang mampu karena peserta didik yang mampu menerangkan ide/gagasannya, perasaannya, dan pendapatnya dalam bentuk tulisan sesuai dengan keinginannya. Masalahnya, pembelajaran menulis masih beklum menggembirakan. Hal ini terungkap dalam banyak hasil penelitian. Upaya untuk memperbaiki secaraterus menerus melakukan upaya kreatiftermasuk dalam penelitian. Salah satu jenis keterampilan menulis yang dianggap tidak berhasil adalah menulis deskripstif di sekolah dasar sehingga penelitian mengenai peningkatan kemampuan menulis deskriopsi perlu dilakukan.   Oleh karena itu, penelitian ini  berupaya  mengujicobakan efektif tidaknya  penggunaan media kartu penuntun deskripsi dan teknik mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi  peserta didik kelas IV SDN 143  Inpres Leko Kabupaten Maros.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Adapun populasi penelitian adalah seluruh  kelas IV  SDN 143 Inpres Leko Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros tahun pelajaran 2020/2021. Populasi  tersebut berjumlah 27 orang yang  dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling.

`Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa penuntun deskripsi dan teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 143 Inpres Leko Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Hal ini telah dibuktikan dalam hasil uji coba yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kleterampilan menulis deskripsi siswa sebelum dan sesudah  menggunakan penuntun deskripsi dan teknik mind mapping  dengan nilai  “t” stat adalah 15,09152106 sedangkan nilai t Critical two-tail adalah 2,055529439.    


Keywords


Penuntun deskripsi; mind mapping; dan menulis deskripsi

Full Text:

PDF

References


Agung, Muhammad. 2013. Menulis Kreatif . Jakarta: Insan Press

Astutik 2015. http://ksupointer.com. Diakss 21 Februari 2021

Buzan, Tony. 2013. Mind Map Pintar untuk Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Darmawan, Ahmad. 2011. “Peningkatan Kemamapuan Menulis Deskripsmelalui Mind Mapping Peserta didiki Kelas VI SD di Probolinggo” Jurnal Eksis. Vol 2 2011

Dimiyati. 2012. Pembelajaran Membaca dan Menulis. Jakarta: Gema Press

Jamal, Serlina. 2018. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Peserta didiki Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Makassar, November 2018

Nursito. 2010. Penuntun Mengarang. Yokyakarta : Adicita Karya Nusa.

Rizky Mega, Mila Nurjani, Sary Sukawati. 2019. Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Peserta didiki Kelas X Di Ma Nurul Falah Cimahi. Jurnal IKIP Siliwangi. Vol. 4 Oktobe 2019

Rusdi , Muhammad. 2015. Keterampilan Menulis . Jakarta: Gema Media

Saleh, Mira. 2015. Kemampuan Mengarang Deskripsi Peserta didiki S Kabupaten Probolinggo. Tesis . Universitas Negeri Malang

Sukmawati, S. 2016 Peningkatam Kreativitas Menulis Cerpen melalui Metode Mind Mapping Jurnal Parol IKIP Siliwangi. Januari 2016.

Sumarmo .2010. Pembelajaran Menulis di SMA. Jakarta: Gramedia

Syafi’ie , Imam. 2010. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Gema Media.

Syafi’ie, Imam. 2011. Keterampilan Menulis. Jakarta: Dirjen Sekolah Dasar.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Sebuah Keterampilan . Bandung: Angkasa

Tompkins. 1990. Menulis di Sekolah (terjemahan). Jakarta: Rosda Karya




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.6772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marlina B

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.