PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Waddi Fatimah, Perawati Bte Abustang, R Supardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SD Borong Jambu II. Jenis penelitian ini digolongkan kedalam penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Borong Jambu II dengan menggunakan angket (kuesioner) untuk memperoleh data variabel minat belajar. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan IV SD Inpres Borong Jambu II dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan SPSS 20,0 for windows. Analisis inferensial hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (0,000) < α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Borong Jambu II . Berdasarkan hasil penelitian guru hendaknya memberikan motivasi serta penguatan dalam proses pembelajaran agar siswa semakin tertarik dalam belajar.

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar IPS

 


Keywords


Minat Belajar, Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.6364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Waddi Fatimah, Perawati Bte Abustang, R Supardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.