PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN HURUF BERWARNA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA TENTANG MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA KELAS 1 SD INPRES BONTOMANAI KECAMATAN TAMALATA KOTA MAKASSAR

Nurlinda Azis

Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran huruf berwarna dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan adalah penulisan kalimat sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada murid kelas I SD Inpres  Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk One-Group Pretest-Posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) Penelitian ksperimen dalam penelitian ini adalah murid Kelas I sebanyak 21 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Hasil analisis statistic deskriptif terhadap hasil belajar murid terhadap media pembelajaran huruf berwarna positif, pemahaman materi dan konsep dari Bahasa Indonesia dengan media pembelajaran huruf berwarna ini menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan media pembelajaran huruf berwarna. Hasil analisis statistic inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 8,6 dengan frekuensi db = 21 –1 = 20, pada taraf signifikansi 5% diperoleh tTabel= 2,07961. Jadi, t Hitung> ttabel atau H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi media pembelajaran huruf berwarna dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai pengaruh dari pada sebelum media pembelajaran huruf berwarna.


Keywords


Pengaruh Media Pembelajaran Huruf Berwarna

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Colizoli Olympia, Jaap M.J. Murre, dkk. 2015. Visual cortex activity predicts subjective experience after reading books with colored letters. Neuropsychologia. (6 Juli 2015)

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Falahuddin Iwal. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswere, 1 (1): 104-117.

Hamidah Ida. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana. Jassi 2 (2): 133-141.

Kompri. 2016. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung : Alfabeta.

Mahnun Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 1 (1): 27-33.

Muhsin, Azlia Latae, dkk. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS. Jurnal Kreatif Tadulako, 2 (4): 199-213.

Prasetyaningsih Novitasari. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Permainan Kartu Kata Bagi Siswa Kelas II. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta .

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suprihatiningrum Jamil. 2016. Guru Profesional. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Syamsuri Andi Sukri. 2013. Bahasa Indonesia. Makassar : Pustaka Lontara.

Tim pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2011. Ilmu dan Aplikasi Pendidika. PT Imperial Bhakti Utama.

Ustiwaningsih. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Gambar Serianak. Skripsi Diditerbitkan. Surabaya: UNESA.

Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta : Unisversitas Ahmad Dahlan.

Yanuarti Ary, Sobandi. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1) : 11-18.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurlinda Azis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.