PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN SERTA PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KANDANG MBELANG ACEH TENGGARA

shafa ardita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah Pendidikan Kewarganegaraan dapat membentuk karakter siswa melalui pendekatan active learning. Penerapan active learning diharapkan dapat mengembangkan Pengetahuan Kewarganegaraan (civic knowledge), Kecakapan Kewarganegaraan(civic skills), dan watak kewarganegaraan (civic dispositions) peserta didik. Melihat keadaan sekarang ketika semangat nasionalisme dan patriotisme yang dicirikan bangsa Indonesia telah memudar sering berubahnya zaman dan berkembangnya teknologi informasi dan globalisasi. Keadaan ini harus diubah dengan ditekankannya peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan dasar agar terbentuknya pendidikan karakter sejak dini. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kepustakaan, dengan objek penelitian siswa dan guru kelas VI SD Negeri Kandang Mbelang. Data diolah secara deskriptif kualitatif, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang terbentuk dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (2) Mengidentifikasi nilai karakter dari guru Pendidikan Kewarganegaraan (3) Mengintegrasi nilai karakter Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian di dapat beberapa karakter siswa yang timbul saat pembelajaran kewarganegaraan berlangsung ialah: (1) Disiplin, ditunjukkan saat siswa melakukan baris-berbaris sebelum pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dimulai (2) Cinta tanah air, ditunjukkan dengan pembiasaan menyanyikan lagu nasional (3) Demokratis, yaitu cara berpikir dan bertindak menilai hak dan kewajiban dirinya dengan orang lain. Dan dari kajian penelitian yang dilakukan di kelas VI SD Negeri Kandang Mbelang ditemukan proses pembelajaran yang produktif sehingga membuat siswa menikmati pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.


Keywords


Pendekatan Active Learning, Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Guru Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.5725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 shafa ardita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.