MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA SISWA KELAS III SD INPRES BUTTATIANANG

Kristiawati Kristiawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal berhitung melalui penggunaan media sempoa pada siswa kelas III SD Inpres Buttatianang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sederhana (PTS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres Buttatianang yang berjumlah 3 siswa. Penelitian ini diadakan dalam 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan termasuk tes akhir setiap siklus. Data-data mengenai hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan  analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian setelah pelaksanaan tindakan selama 2 (dua) siklus yaitu; (a) Meningkatnya hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan penjumlahan dan pengurangan kelas III SD Inpres Buttatianang setelah diterapkannya penggunaan media sempoa dimana pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 51,67% berada pada kategori rendah. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 83,33 pada siklus II berada pada kategori sedang. (b) Meningkatnya keaktifan dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sempoa dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal berhitung siswa kelas III SD Inpres Buttatianang.


Keywords


Media Sempoa, Berhitung

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Baid, Nurfitria. 2015. Perbandingan Berhitung Perkalian Menggunakan Metode Sempoa dengan Metode Berhitung Susun. (https://cc.bingj.com/cache.aspx?q=Skripsi+sempoa+nurfitria+baid&d=4896709 510891777&mkt=en-ID&setlang=en-US&w=cXABgrCT2m- yxBrrfZzJlVhoUeryRxVq).

Budiningsih, Annayanti dan M. Syamsul Wardani. 2007. Mahir Berhitung dengan Metode Sempoa. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Harmoni, Tim. 2009. Cepat dan Mudah Berhitung dengan Sempoa. Jakarta: Harmoni Tim

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.