PENINGKATAN KEMAMPUAN RESEPTIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL

DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5668

Authors

  • Sitti Astuti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Alim Amri Universitas Muhammadiyah Makassar

bahasa reseptif, metode bercerita, media papan flanel

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan kemampuan reseptif anak dengan menggunakan metode bercerita melalui media papan flanel? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan reseptif anak dengan menggunakan metode bercerita melalui media papan flanel. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK dengan tujuan untuk melakukan perbaikan mutu pembelajaran dalam meningkatkan capaian perkembangan anak di TK. Lokasi penelitian di TK Terpadu Bukit Permain II Gowa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran yang menarik perhatian dan memberikan motivasi positif pada anak. selain media papan flanel yang memiliki daya tarik bagi anak, teknik mengajar guru dengan penguasaan materi yang baik juga menjadi faktor utama berhasilnya penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel dengan teknik bercerita guru yang menarik sangat efektif untuk digunakan dalam meningkatakn aspek perkembangan bahasa anak khususnya pada kemampuan reseptif.

Downloads

Published

2021-07-26

Issue

Section

Articles