PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MURID MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) KELAS I SD NEGERI 38 JANNA-JANNAYYA KECAMATAN SINOA KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Muh. Khaedar Program Studi Pendidikan Guru Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky, Jalan Antang Raya No. 43 Kota Makassar
  • Bellona Mardhatillah Sabillah Program Studi Pendidikan Guru Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky, Jalan Antang Raya No. 43 Kota Makassar
  • Syamsul Alam Program Studi Pendidikan Guru Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky, Jalan Antang Raya No. 43 Kota Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5659

Keywords:

Hasil Belajar Kemampuan Menulis Permulaan Metode SAS

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Kemampuan menulis permulaan dengan menggunakan metode SAS pada murid kelas I SDN. No 38 Janna-Jannaya Desa Bonto Majannang Kec. Sinoa Kab. Bantaeng. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class room action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN. No 38 Janna-Jannaya Desa Bonto Majannang Kec. Sinoa Kab. Bantaeng, dengan jumlah murid 21 orang. Sebanyak 12 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Instrument penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

 

          Hasil yang dicapai secara kuantitatif yaitu: (1) Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas I SDN. No 38 Janna-Jannaya Kec. Sinoa Kab. Bantaeng yaitu 61,15 (2) Pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas I SDN. No 38 Janna-Jannaya Kec. Sinoa Kab. Bantaeng lebih tinggi yang mencapai 80,03 sehingga dapat disimpulkan peningkatannya mencapai 18,88. Terutama pada perubahan sikap, motivasi, antusias, dan hasil belajar murid dalam memahami materi. Jadi, penggunaan metode SAS pada mata pelajaran kemampuan menulis permulaan murid kelas I SDN. No 38 Janna-Jannaya mengalami peningkatan.

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapaan metode SAS dapat mengubah pola belajar murid dari kurang aktif menjadi lebih aktif dan lebih termotivasi dalam mempelajari kemampuan menulis permulaan murid.

Author Biography

  • Muh. Khaedar, Program Studi Pendidikan Guru Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky, Jalan Antang Raya No. 43 Kota Makassar
    Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky

Downloads

Published

2021-07-26

Issue

Section

Articles