PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN SERTA PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KANDANG MBELANG ACEH TENGGARA

shafa ardita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah Pendidikan Kewarganegaraan dapat membentuk karakter siswa melalui pendekatan active learning. Penerapan active learning diharapkan dapat mengembangkan Pengetahuan Kewarganegaraan (civic knowledge), Kecakapan Kewarganegaraan(civic skills), dan watak kewarganegaraan (civic dispositions) peserta didik. Melihat keadaan sekarang ketika semangat nasionalisme dan patriotisme yang dicirikan bangsa Indonesia telah memudar sering berubahnya zaman dan berkembangnya teknologi informasi dan globalisasi. Keadaan ini harus diubah dengan ditekankannya peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan dasar agar terbentuknya pendidikan karakter sejak dini. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kepustakaan, dengan objek penelitian siswa dan guru kelas VI SD Negeri Kandang Mbelang. Data diolah secara deskriptif kualitatif, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang terbentuk dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (2) Mengidentifikasi nilai karakter dari guru Pendidikan Kewarganegaraan (3) Mengintegrasi nilai karakter Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian di dapat beberapa karakter siswa yang timbul saat pembelajaran kewarganegaraan berlangsung ialah: (1) Disiplin, ditunjukkan saat siswa melakukan baris-berbaris sebelum pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dimulai (2) Cinta tanah air, ditunjukkan dengan pembiasaan menyanyikan lagu nasional (3) Demokratis, yaitu cara berpikir dan bertindak menilai hak dan kewajiban dirinya dengan orang lain. Dan dari kajian penelitian yang dilakukan di kelas VI SD Negeri Kandang Mbelang ditemukan proses pembelajaran yang produktif sehingga membuat siswa menikmati pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.


Keywords


Pendekatan Active Learning, Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Guru Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an Membangun Tradisi Berfikir Qur'ani, Vol. 10, No.2, 119-131.

Asmani, J. M. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyengkan dan Profesional. Yogyakarta: Power Books (IHDINA).

Bafirman. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Jakarta: Prenadamedia

Bego, K. C. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karekter Siswa Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Siswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 235-240.

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan , 49-58.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 27-33.

Kasmawati, Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 5 No. 2, 70-75.

Kurniawan, M. I. (2013). Intergarsi Pendidikan Karakter Kedalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 1, April, 37-45.

Miswandi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD Melalui Startegi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset & Konseptual , 300-306.

Pebriyenni. (2017). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Memperkuat Karakter Bangsa. Jurnal PPKn & Hukum, 16-34.

Ruchliyadi, Dian Agus. (2016). Pendekatan Student Active Learning Pembelajaran Kewarganegaraan (PKn) Di Pendidikan Dasar Dan Menengah Sebagai Best Practise Untuk Membentuk Karakter Warga Negara Yang Baik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 6 No. 2, 998.

Sainudin, Jamaludin, & Palimbong, A. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas V SD Inpres kayuku Rahmat. Jurnal kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No. 12, 189-198.

Sholihah, F. U., & Gregorius, J. (2014). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi PKN Pada Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 02 Nomor 03, 1-9.

Tuhuteru, L. (2017). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Peningkatan Pembentukan Karakter Bangsa Di Tengah Arus Globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 302-305.

Ulfah, Nurfikha. (2017). Penerapan Pendekatan Active Learning Pada Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 221.

Wahyudin. (2019). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Membangun Karakter Siswa.

Wandini, Rora Rizky. (2018). Pembelajaran Tematik Kelas Tinggi.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 shafa ardita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.