EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL PADA PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL

Fadhilah Salsabila Riadi, Triana Lestari

Abstract


Di era digital ini, cara bermain anak-anak telah berubah sesuai perkembangan zaman dimana anak lebih sering memainkan permainan modern sehingga mengurangi interaksi sosial anak. Maka dari itu penulis tertarik untuk membahas efektivitas permainan tradisional pada perkembangan sosial anak di era digital ini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi literatur dari berbagai sumber yang relevan, baik buku maupun jurnal. Dengan menelaah sumber-sumber tersebut yang kemudian penulis interpretasikan pada tulisan ini. Hasil peneltian menunjukkan bahwa permainan tradisional dapat membantu perkembangan sosial anak. karena banyak memiliki nilai keterampilan sosial. Selain itu, permainan tradisional dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran dan ekstrakuliker. Karena permainan tradisional banyak memiliki nilai keterampilan sosial. Sehingga tugas perkembangan anak usia sekolah dasar mulai dari penyesuaian sosial dan keterampilan sosial yang harus dikembangkan melalui bermain dapat tercapai. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa permainan tradisional ini efektif untuk perkembangan sosial siswa sekolah dasar di era digital ini. Disamping itu, nilai-nilai budaya dalam permainan tradisional juga dapat dilestarikan.


Keywords


Permainan Tradisional; Perkembangan Sosial; Era Digital.

Full Text:

PDF

References


Anam, S., Ovaleoshanta, G., Ardiansyah, F., & Santoso, D. A. (2017). Studi Analisis Budaya Permainan Tradisional Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. JURNAL SPORTIF, 3(2), 178-191.

Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). PERKEMBANGAN BAHASA, EMOSI, DAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11.

Febriyanti, U., & Saridewi, S. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional Ucing Bal Terhadap Perkembangan Sosial di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 3 Padang. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 59-68.

Handayani, P. (2017). Upaya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(01), 39-46.

Hasyim, N., & Putri, A. B. U. (2017). Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek Melalui Teknologi Digital Interaktif. Jurnal Rupa, 2(2), 122-122.

Kurnianti, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marzoan, M., & Hamidi, H. (2017). Permainan tradisional sebagai kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kompetensi sosial siswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(1), 62-82.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103-111.

Prastyan, R. D. N. (2019, November). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SD MELALUI KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS KESENIAN BUDAYA DAERAH DAN PERMAINAN TRADISIONAL DI KAMPOENG DOLANAN NUSANTARA BOROBUDUR MAGELANG. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 93-101).

Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011-1020.

Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model permainan tradisional “boy-boyan” untuk meningkatkan perkembangan sosial anak SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).

Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.

Suhada, I. (2019). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. E. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelompok Terhadap Penyesuaian Sosial Anak. JURNAL DIVERSITA, 6(1), 103-113.

Yulianti, N. (2020). PERMAINAN TRADISONAL LOJO (PALEJO) DARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS PADA PESERTA DIDIK SD/MI DI INDONESIA. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(2).

Yusuf, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadhilah Salsabila Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.