Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair Share Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 01 Koto Marapak Kota Pariaman

Ailen Parista, Mai Sri Lena

Abstract


Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mendeskripsikan kenaikan hasil belajar peserta didik memakai model Think Pair Share di kelas V SDN 01 Koto Marapak Kota Pariaman. Penelitian ini berjenis PTK dengan memakai tata cara kualitatif serta kuantitatif. Penelitian ini dicoba dalam 2 siklus, dengan informasi penelitian berbentuk observasi serta uji. Penelitian ini bersubjek guru serta peserta didik kelas V yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian RPP siklus I dengan rata- rata 80, 55%( Baik) serta siklus II 94, 44%( Sangat Baik), penerapan pendidikan pada aspek guru siklus I dengan rata- rata 77, 5%( Lumayan) serta siklus II 95%( Sangat Baik), sebaliknya penerapan pendidikan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata- rata 70%( Lumayan) serta siklus II 90%( Sangat Baik). Evaluasi perilaku siklus I di kategorikan( Baik) serta di siklus II jadi( Sangat Baik).. Hasil belajar peserta didik siklus 1 dengan rata rata nilai 67, 3( Kurang) serta siklus II 85( Baik), sebaliknya persentase ketuntasan siklus I 29, 16%( Kurang) serta siklus II dengan 83, 33%( Baik). Hingga bisa disimpulkan pada penelitian ini bahwa Model Think Pair Share bisa tingkatkan hasil pendidikan peserta didik pada pendidikan Tematik Terpadu dikelas V SDN 01 Koto Marapak Kota Pariaman


Keywords


Think Pair Share, Tematik Terpadu, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.