PERSEPSI MAHASISWA PGSD UNISMUH MAKASSAR TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID 19 PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR MATEMATIKA SD
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGSD Unismuh Makassar terhadap pembelajaran daring selama Covid-19 pada mata kuliah konsep dasar matematika SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling yang hanya berfokus pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah konsep dasar matematika SD. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner yang dilakukan secara on line dengan menggunakan Google form. Ada 3 aspek utama pada kuesioner yang dibagikan ke mahasiswa yaitu aspek proses belajar mengajar, aspek kapabilitas/ kompetensi dosen, aspek sarana dan prasarana. Rata-rata untuk aspek proses belajar mengajar diperoleh 49,14% yang setuju, aspek kapabilitas/kompetensi dosen sebanyak 56,8% yang menjawab setuju, dan aspek terakhir sarana dan prasarana sebanyak 37,06% yang setuju dan yang tidak setuju 17,35% ini diakibatkan karena mahasiswa terkendala dengan jaringan yang kurang bagus. Dari ke3 aspek tersebut dapat dilihat bahwa mayoritas responden memberikan persepsi yang baik dan positif.
Full Text:
PDFReferences
Aan Widiyono.2020. Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, Vol. 8, No. 2, Tahun 2020
Fajrian, H. (2020, maret 15). https://katadata.co.id/. Retrieved April 8, 2020, from https://katadata.co.id/berita/2020/03/15/antisipasi-corona-nadiem-makarim-dukun-kebijakan-meliburkan-sekolah
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.
Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1
La Ode Anhusadar (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol. 3, No. 1, April 2020
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Roberts, T. S., & McInnerney, J. M. (2007). Seven problems of online group learning (and their solutions). Educational Technology and Society. https://doi.org/10.1111/j.2151- 6952.1960.tb01699.x
Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice , 2(1).
Shi, H., Han, X., Jiang, N., Cao, Y., Alwalid, O., Gu, J., ... & Zheng, C. (2020). Radiological findings from 81 patients with COVID-19 pneumonia in Wuhan, China: a descriptive study. The Lancet Infectious Diseases. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30086-4
Siregar, H. S., Sugilar, H., Ukit, U., & Hambali, H. (2020) Merekonstruksi alam dalam kajian sains dan agama: Studi kasus pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dampak Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30700
Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., ... & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Andi Ardhila Wahyudi, Hamdana Hadaming
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.