EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) PADA SISWA KELAS IV SD

Nasrah Nasrah

Abstract


Masalah  utama  dalam  penelitian  ini  yaitu  belum  ada  kebijakan  berkaitan dengan model STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics)  dan masih minimnya pengetahuan guru terhadap model pembelajaran ini di SD Pertiwi Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran STEAM  dalam Pembelajaran IPA Konsep Sumber Energi kelas IV Marendeng Marampa SD Pertiwi Makassar dengan tiga indikator yaitu ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dan jenis desain penelitian yaitu Pre-Experiment the one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest secara individu maupun klasikal 100% tidak ada siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau tidak tuntas. Sedangkan secara klasikal pada posttest dari 31 siswa, 26 siswa atau 83,87% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM dan 5 siswa atau 16,13% yang tidak mencapai KKM. Respon positif siswa mencapai 95.85%, serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran  ini sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA menggunakan model STEAM  pada siswa kelas IV Marendeng Marampa SD Pertiwi Makassar efektif.


Keywords


Efektivitas, STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nasrah Nasrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.