PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL STUDI PADA MURID KELAS V SD NEGERI SUNGGUMINASA III KABUPATEN GOWA
Abstract
The main problem in this study is the application of Everyone's a Teacher Here learning strategy to the learning outcomes of social science students in class V SD Sungguminasa III Gowa Regency. This study aims to determine and explain the implementation of Everyone is a Teacher Here learning strategy and its impact on the learning outcomes of social science students in grade V of SD Negeri Sungguminasa III, Gowa Regency. This type of research is an experiment using a one group pretest posttest research design. The population as a sample in this study were all students in grade V of Sungguminasa III Elementary School, Gowa Regency, which amounted to 26 people. Data collection techniques include observation, testing, and documentation. Data analysis uses descriptive and inferential statistics. The results showed that there were significant differences before and after the implementation of the learning strategy Everyone is a Teacher Here to the learning outcomes of Social Sciences fifth grade students of Sungguminasa III Elementary School, Gowa Regency.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid kelas V SD Negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan dampaknya terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid kelas V SD Negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest postest. Populasi sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas V SD Negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SD Negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Jaelani, Abd Kadir. 2011. Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Murid Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-7 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang.http://eprints.uny.ac.id/8890/4/BAB%205%20%2008416241006.pdf (diakses pada tanggal 19 Februari 2019)
Kurniawan, Deni. 2017. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, Dan Penilaian). Bandung: Alfabeta
Munirah. 2015. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Sapriya. 2017. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: Remaja Rosdakarya
Setiawan. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ade Irma Suriani, Sri Nenowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.