PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SD PERTIWI MAKASSAR

hamdana hadaming, Andi Ardhila Wahyudi

Abstract


Audio visual media is a type of media used in learning activities involving hearing and vision as well as in one process or activity. The purpose of this study was to increase motivation and learning outcomes of grade 3 students at SD Pertiwi Makassar through the implementation of a scientific approach using audio visual media. This research is a classroom action research, consisting of four activities namely 1) planning, 2) implementation, 3) observation, and 4) reflection. Based on the results of research and analysis of data that has been described, it can be concluded that using audio visual media in a scientific approach can improve motivation and learning outcomes of grade 3 students of SD Pertiwi Makassar. The results of observations of learning motivation in each indicator from cycle 1 to cycle 2 have increased as well as student learning outcomes also increased where students who completed in cycle 1 were 11 students or 44% and in cycle 2 were 20 students or 80%.

Media audio visual adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 3 SD Pertiwi Makassar melalui implementasi pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri atas empat kegiatan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan media audio visual dalam pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 3 SD Pertiwi Makassar. Hasil observasi motivasi belajar disetiap indikator dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan begitupun dengan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana siswa yang tuntas di siklus 1 sebanyak 11 siswa atau 44% dan di siklus 2 sebanyak 20 siswa atau 80% .


Keywords


Media audio visual, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Anas, Sudijono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Desti Khatulistianan (2010), yang berjudul “Motivasi Belajar dengan Penerapan Media Audio Visual Interaktif dalam Pembelajaran IPS Materi Sejarah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi. FIS UNY.

Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 hamdana hadaming, Andi Ardhila Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.