PENGGUNAAN MEDIA REALIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR

irman irman

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar. Tujuan dilaksanakan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penggunaan Media Realia dalam meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem siklus, setiap siklus penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat (4) tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/pengumpulan data, dan refleksi. . Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar yang aktif tahun 2019 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklus yang ditandai cukup pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar melalui penggunaan Media Relia.

Keywords


Media Relia, Motivasi Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zianal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Dasar Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Desstya, Anatari dkk. 2017. Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar Di Indonesia: Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire Dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, vol. 4, No.1, Juli 2017: 1-11.

Dimayanti dan Mudjiyono. 2006. belajar dan pembelajaran proyek pembinaan dan peningkatan mutu tenaga kependidikan, direktorat jendral pendidikan tinggi department pendidikan dan kebudayaan.

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faisal. 2007. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Iskandar.2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV Maulana.

Komalasari.2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Paizaluddin, Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Purwanto.2008.Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda karya.

Rusman.2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo

Sumarno, Wiji. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Suryono & Haryanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto.2013.Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.

Suswati, Defi. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Thobroni M. 2017. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Tirtonegoro. Sutartinali.2001.Anak Super Normal dan program pendidikannya.Jakarta: Bina Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.

Yuliawati. 2012. Fungsi media dalam pembelajaran IPA di SD,http://liayuliawati-pgsdipa-blogspot.com/2012/10/fungsi-media-dalam-pembelajaran-ipa-di-html.Diakses




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 irman irman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.