IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH DASAR KOTA BAUBAU

Irsan Irsan, Syamsu Rijal

Abstract


Serious problems in terms of discipline character education indicate the occurrence of undisciplined behavior in schools. Character education is happening again in the process of character formation. It could be that character education carried out so far is only at the knowledge stage, not yet reaching feelings and behaviors that have character. From a number of character values that need to be instilled, self-discipline is one of the important character values developed. Education in elementary schools is the first formal level of education that will determine the direction of potential development of students. Therefore, in elementary schools it is necessary to develop the character of student discipline optimally so that expectations at the next level of students already have a strong provision of disciplinary behavior. Given the importance of character education in the discipline of students in primary schools, various policies need to be carried out. This study uses a qualitative-descriptive analysis research method with induction logic. This study aims to describe a situation, describe and illustrate the implementation of character discipline education for students in Katobengke 1 Primary School, Buabau City. As for several policies that can be applied in schools, among others, planters and understanding of disciplined character education, establishing student discipline rules, teacher control in monitoring student disciplinary behavior at home, sharing school wall disciplinary messages, sharing school wall discipline messages, parents as supporters of their implementation disciplined character education in schools.

 

Permasalahan serius dalam hal pendidikan karakter disiplin menunjukkan terjadinya perilaku tidak disiplin di sekolah. Pendidikan karakter yang terjadi merupakan again dalam proses pembentukan karakter. Bisa jadi pendidikan karakter yang dilakukan selama ini baru pada tahap pengetahuan saja, belum sampai pada perasaan dan perilaku yang berkarakter. Dari sejumlah nilai karakter yang perlu ditanamkan tersebut, disiplin diri merupakan salah satu nilai karakter yang penting dikembangkan. Pendidikan di sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan formal pertama yang akan menentukan arah pengembangan potensi peserta didik. Oleh karena itu, di sekolah dasar perlu mengembangkan karakter disiplin siswa secara optimal sehingga harapannya di tingkat selanjutnya siswa sudah memiliki bekal perilaku disiplin yang kuat. Mengingat demikian pentingnya pendidikan karakter disiplin siswa di sekolah dasar, maka perlu dilakukan berbagai kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif analisis dengan logika induksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan, melukiskan dan menggambarkan implementasi pendidikan karakter disiplin siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Katobengke Kota Buabau. Adapun beberapa kebijakan yang bisa diterapkan di sekolah antara lain, penanam dan pemahaman pendidikan karakter disiplin, menetapkan aturan kedisiplinan siswa, kontrol guru dalam memantau perilaku kedisiplinan siswa di rumah, membagikan pesan kedisiplinan dinding sekolah, membagikan pesan kedisiplinan dinding sekolah, orang tua sebagai pendukung terlaksananya pendidikan karakter disiplin di sekolah.


Keywords


Pendidikan, Karakter, Disiplin

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agus wibowo. (2012). Pendidikan Karakter strategi Membangun Karajter bangsa Berperadapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Tafsir. (1991). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asy’ari, Muhammad Hasyim. (2014). Pendidikan Karakter Khas Pesantren (diterjemahkan oleh Rosidin). Malang: Genius Media.

Daulay, Hadiar Putra. (2007). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdikbud.

Dharma Kesuma. (2011). Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Doni Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kompas Gramedia.

E. Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Husni Rahim. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Lanny Octavia. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab. Megawangi,

Ratna. (2004). Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Mujamil Qamar. (2002). Pesantren dari Tranformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Nafi, M. Dian dkk. (2007). Praktis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta: ITD Selasih.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Irsan Irsan, Syamsu Rijal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.