ANALISIS KENDALA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA BAUBAU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Andi Lely Nurmaya, Hijrawatil Aswat

Abstract


The 2013 curriculum is basically a simplification and thematic-integrative effort prepared to produce a generation that is ready to face the future. The 2013 curriculum has a very big goal towards improving education standards in Indonesia, where the 2013 curriculum prepares the community especially students to be noble individuals and to be productive, innovative and creative people who can contribute to the progress of the State. This study uses a qualitative-descriptive analysis method of analysis with induction logic, which is research aimed at describing data that has been collected in the form of data, pictures of events, thoughts of individuals, or groups. This study aims to describe a situation, describe and describe the analysis of the constraints of the State Primary School 2 Katobengke Teachers in Baubau City in the implementation of the 2013 curriculum. in the distribution of time and material taught at the time of learning, the constraints experienced by teachers in fulfilling educational facilities and infrastructure, quality and professionalism constraints of teachers and constraints in the use of instructional media.

 

Kurikulum 2013 pada dasarnya merupakan upaya penyederhanaan dan tematik-integratif yang disiapkan untuk mencetak generasi yang siap didalam menghadapi masa depan.  Kurikulum 2013 mempunyai tujuan yang sangat besar terhadap peningkatan standar pendidikan di Indonesia, dimana kurikulum 2013 mempersiapkan masyaratkat khususnya peserta didik menjadi pribadi yang berahlak mulia serta menjadi manusia yang produktif, inovatif dan kreatif yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan Negara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif analisis dengan logika induksi, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan berupa data-data, gambar peristiwa, pemikiran orang secara individual, maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan, melukiskan dan menggambarkan Analisis kendala Guru Sekolah Dasar Negeri 2 Katobengke Kota Baubau dalam implementasi kurikulum 2013. Adapun beberapa kendala yang dapat ditemukan adalah masalah penilaian dalam pembelajaran kurikulum 2013, kendala yang dialami guru dalam penyusunan adaministasi pembelajaran, kendala dalam pembagian waktu dan materi yang diajarkan pada saat pembelejaran, kendala yang dialami guru dalam pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, kendala kualitas dan profesionalisme guru serta Kendala dalam penggunaan media pembelajaran.


Keywords


Kendala Guru dan Implementasi Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hamalik, Oemar. 1992. Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Mandar Maju.

Hill, M. and Hupe P. 2009. Implementing Public Policy. California: Sage Publication. Inc.

Katuuk, Deitje Adolfien. 2014. “Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013”.

Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyasa, E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Puskur. 2007.Gagasan Kurikulum Masa Depan. Jakarta: Balitbang Puskur Depdiknas.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Edisi Kesepuluh. Bandung:

Rosdakarya. Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Tilaar

Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andi Lely Nurmaya, Hijrawatil Aswat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.