PENGARUH PENERAPAN METODE TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUASAAN KOSAKATA MURID KELAS III SDN 151 BUNNE KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Lilis Sri Wahyuni, Sulfasyah Sulfasyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode teka teki silang terhadap hasil belajar penguasaan kosakata murid kelas III SDN 151 Bunne Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen menggunakan desain Pre-Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah murid kelas III SDN 151 Bunne Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang berjumlah 9 murid. Dengan demikian sampel penelitian yaitu murid kelas III SDN 151 Bunne Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Instrumen penelitian ini berupa tes. Tes yang dibuat oleh peneliti berupa tes obyektif atau pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 15 nomor, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode teka teki silang berpengaruh terhadap hasil belajar penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 151 Bunne setelah diperoleh nilai thitung sebesar 13,82 Dan ttabel = 2,093 Maka diperoleh thitung > ttabel atau 13,82 > 2,093, maka disimpulkan H0 ditolak H1 diterima yang berarti bahwa penerapan metode teka teki silang berpengaruh terhadap hasil belajar penguasaan kosakata murid kelas III SDN 151 Bunne Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

 

Kata kunci : metode teka teki silang, hasil belajar penguasaan kosakata


Full Text:

PDF

References


Aini, Nur. 2010. Penggunaan Metode Tekateki Silang untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Murid. Skripsi. Unismuh Makassar.

Akhmad Sudrajat, 2008. Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. (online) http://www.psb-psma.org Diakses tanggal 15 Mei 2010.

Ali, Muhammad. 1992. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.

-------------- 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi SD dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Dharma Bakti.

Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bhakti.

Hidayati, Nia. 2009. Manfaat Tekateki Silang. (online) http://niahidayati.net/ Diakses tanggal 18 September 2011.

Hudoyo. 1990. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Irmayanti. 2009. Pemanfaatan Media TTS dalam Pembelajaran Sinonim Kata pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Polom Bangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Skripsi. Unismuh Makassar.

Kamlia. 2010. Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 27 Balombong Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Unismuh Makassar.

Keraf, Goris. 1991. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rostina. 2010. Kemampuan Menggunakan Kosakata Melalui Media Tekateki Silang Siswa Kelas II SMP Negeri 1 Turatea kabupaten Jeneponto. Skripsi.Unismuh Makassar.

Sadiman, Arif. 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: karya Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Beriorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siswojo. 1997. Penelitian Sosial IV. Deparkbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Soeparno. 1980. Media Pengajaran Bahasa. Yogya: IKIP Yogya.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

------------------- 2003. Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Yogya: Bumi Aksara.

Sugona, Pendi, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas RI.

Surakhmad. 1998. Prestasi Belajar. Bandung: Angkasa.

Suryana, Agus, 2009. Learning English With Crosswords. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Susianti, Evy. 2010. Peningkatan Kemampuan Vocabulery pada Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Crosswords Siswa Kelas VII MTS Darus Shafaa Manipi. Makalah. Unismuh Pare-pare.

Sutarjso, Adi dan Ruwin Joko. 1997. Bahasa Indonesia. Ujung Pandang: FKIP Unismuh.

Tarigan, Henry Gutur. 1986. Pengajaran Kosakata. Bandung: Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Utama, Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka www.Lapaserelle.Com/lm/exercise/games.page.html diakses Tgl 25 Mei 2010.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i1.1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lilis Sri Wahyuni, Sulfasyah Sulfasyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.