PENGARUH PENERAPAN METODE MODELING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENYUSUN PARAGRAF BAHASA INDONESIA MURID KELAS III SDN 7 LETTA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modeling the way terhadap hasil belajar keterampilan menyusun paragraf bahasa indonesia murid Kelas III SDN 7 Letta kecamatan bantaeng kabupaten bantaeng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen menggunakan desain Pre-Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah murid Kelas III SDN 7 Letta Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 10 murid. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh rata-rata posttest keterampilan Menyusun paragraf pribadi murid setelah diterapkan modeling the way lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan metode modeling the way. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan metode modeling the way yaitu 60,8. Setelah dilakukan tindakan dengan perlakuan model modeling the way, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 81,7. Jumlah peningkatan kelas berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 19,94%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, menunjukkan bahwa nilai thitung = 19,79755 dengan db sebesar 10-1 =9 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh ttabel = 2,262 sehingga diperoleh thitung < ttabel. maka disimpulkan H0 ditolak H1 diterima yang berarti bahwa. penerapan model modeling the way berpengaruh terhadap keterampilan menulis surat pribadi murid Kelas III SDN 7 Letta Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.
Kata kunci : metode modeling the way, hasil belajar keterampilan menyusun paragraf
Full Text:
PDFReferences
Andang, Ismail. 2009. Education Games Panduan Praktis Permainan yang menjadi Anak Anda Cerdas, Kreatif dan Shaleh
Azra, Azyumadi. 2002. Pendidikan Multikultural: Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Makalah Disampaikan dalam Symposium Internasional Antropologi Indonesia ke 3. Denpasar: Kajian Budaya UNUD
Budiyanto. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : UNY Press. 2004
Cogan, J.J: Howaya, Rk.K: (1999) The Foundation Of Education. New York: Prentice hall, Inc
Depdikbud. 1975. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Depertemen Pendidikan Nasional
Djahiri, A. Kosasih. 1995. Dasar Umum Metodologi Pengajaran Pendidikan Nilai Moral. Bandung: Lab. Pengajaran PMP-IKIP Bandung
Endang Zaelani Zukarya, dkk. 2000. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.
Kerr, D. 1999 Re;examining Citizenship Education: The Case Of England. Slough:NFER
Mayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Grasindo
Sapriya. (2011). Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya
Semiawan, Conny R. Prof. Dr. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta:PT Index
Soemantri. (2001). Menggagas Pembelajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sudjana. (2003). Dasar-Dasar Proses Bekajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru
Sunarso, dkk. Materi dan Pembelajaran Pkn SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006
Winarno. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Winataputra, Udin, 2001. Apa dan Bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan. Sawangan Depok
Zamroni (Tim ICCE). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarya:BIGRAF Publishing
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i1.1729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ayu Fitriani, Aliem Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.