PENGARUH PENERAPAN METODE MODELING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENYUSUN PARAGRAF BAHASA INDONESIA MURID KELAS III SDN 7 LETTA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

Ayu Fitriani, Aliem Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modeling the way terhadap hasil belajar keterampilan menyusun paragraf bahasa indonesia murid Kelas III SDN 7 Letta kecamatan bantaeng kabupaten bantaeng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen menggunakan desain Pre-Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah murid Kelas III SDN 7 Letta Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 10 murid. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh rata-rata posttest keterampilan Menyusun paragraf pribadi  murid setelah diterapkan modeling the way lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan metode modeling the way. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan metode modeling the way yaitu 60,8. Setelah dilakukan tindakan dengan perlakuan model modeling the way, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 81,7. Jumlah peningkatan kelas berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 19,94%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, menunjukkan bahwa nilai thitung = 19,79755 dengan db sebesar 10-1 =9 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh ttabel = 2,262 sehingga diperoleh thitung < ttabel. maka disimpulkan H0 ditolak H1 diterima yang berarti bahwa. penerapan model modeling the way berpengaruh terhadap keterampilan menulis surat pribadi murid Kelas III SDN 7 Letta Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

 

Kata kunci : metode modeling the way, hasil belajar keterampilan menyusun paragraf


Full Text:

PDF

References


Andang, Ismail. 2009. Education Games Panduan Praktis Permainan yang menjadi Anak Anda Cerdas, Kreatif dan Shaleh

Azra, Azyumadi. 2002. Pendidikan Multikultural: Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Makalah Disampaikan dalam Symposium Internasional Antropologi Indonesia ke 3. Denpasar: Kajian Budaya UNUD

Budiyanto. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : UNY Press. 2004

Cogan, J.J: Howaya, Rk.K: (1999) The Foundation Of Education. New York: Prentice hall, Inc

Depdikbud. 1975. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Depertemen Pendidikan Nasional

Djahiri, A. Kosasih. 1995. Dasar Umum Metodologi Pengajaran Pendidikan Nilai Moral. Bandung: Lab. Pengajaran PMP-IKIP Bandung

Endang Zaelani Zukarya, dkk. 2000. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Kerr, D. 1999 Re;examining Citizenship Education: The Case Of England. Slough:NFER

Mayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Grasindo

Sapriya. (2011). Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya

Semiawan, Conny R. Prof. Dr. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta:PT Index

Soemantri. (2001). Menggagas Pembelajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana. (2003). Dasar-Dasar Proses Bekajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Sunarso, dkk. Materi dan Pembelajaran Pkn SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006

Winarno. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Winataputra, Udin, 2001. Apa dan Bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan. Sawangan Depok

Zamroni (Tim ICCE). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarya:BIGRAF Publishing




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i1.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayu Fitriani, Aliem Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.