Pengaruh Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap Hasil Belajar Murid Kelas IV
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre test Post test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS terhadap hasil belajar Murid kelas 1V SD Inpres Tamarunang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng tahun ajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah murid Kelas 1V sebanyak 15 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar IPS murid secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data hasil belajar IPS murid yang dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, data tentang aktivitas murid dalam pembelajaran IPS dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar murid. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar murid terhadap media pembelajaran gambar positif, pemahaman materi dan konsep dari IPS dengan media gambar ini menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan media gambar. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 15,75 dengan frekuensi db = 15 –1 = 14, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel = 1,78. Jadi, t Hitung > t tabel atau hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima yang bebunyi bahwa penggunaan media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar IPS. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS mempunyai pengaruh dari pada sebelum menggunakan media gambar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Satuan Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Deway, John. 1916. Democracy an Education. Jakarta : Alfabeta.
Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djumingin, Sulastriningsih .2011. Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra.Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Ibrahim.M.,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.
Iskandarwassid dan H. Sunender, D. 2008. Srategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning dan penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Slavin,R.E.2008.Cooperative Leraning. Bandung: Nusamedia.
Santosa, Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2004.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsuri, Andi Sukri. dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar. Panitia Press Unismuh Makassar.
Trianto.2009. Desain Model PembelajaranI novatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Yania,Risdiawati.2012.Implementasi ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rismawati Rismawati, Rubianto Rubianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.