Pengaruh Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap Hasil Belajar Murid Kelas IV

Rismawati Rismawati, Rubianto Rubianto

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen bentuk Pre test Post test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS terhadap hasil belajar Murid kelas 1V SD Inpres Tamarunang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng tahun ajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah murid Kelas 1V sebanyak 15 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari  aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar IPS murid secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data hasil belajar IPS murid yang dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, data tentang aktivitas murid dalam pembelajaran IPS dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar murid. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar murid terhadap media pembelajaran gambar positif, pemahaman materi dan konsep dari IPS dengan media gambar ini menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan media gambar. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 15,75 dengan frekuensi db = 15 –1 = 14, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel = 1,78. Jadi, t Hitung > t tabel atau  hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima yang bebunyi bahwa penggunaan media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar IPS. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar  dalam pembelajaran IPS mempunyai pengaruh dari pada sebelum menggunakan media gambar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Satuan Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Deway, John. 1916. Democracy an Education. Jakarta : Alfabeta.

Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djumingin, Sulastriningsih .2011. Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra.Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ibrahim.M.,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.

Iskandarwassid dan H. Sunender, D. 2008. Srategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning dan penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Slavin,R.E.2008.Cooperative Leraning. Bandung: Nusamedia.

Santosa, Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2004.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsuri, Andi Sukri. dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar. Panitia Press Unismuh Makassar.

Trianto.2009. Desain Model PembelajaranI novatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Yania,Risdiawati.2012.Implementasi ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.