Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD

Herfiani Herfiani, Syarifuddin Kune

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan di Kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV sebanyak 30 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari  aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, data tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan ini menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan pendekatan CTL. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 7,75 dengan frekuensi dk = 30 –1 = 29, pada taraf signifikansi 50% diperoleh t Tabel = 2,04. Jadi, t Hitung > t tabel atau  hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan CTL berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan.

 

Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL )

Full Text:

PDF

References


Djamal, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksi Cipta.

Djam’an Satori, dkk. 2008. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Panut. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam. Bogor: Perpustakaan Nasional.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2007; Strategi Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soekamto, Toeti. 2000. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sofyan, Gusarmin dan Amiruddin B. 2007. Modul Diklat Profesi Guru Model-Model Pembelajaran I. Kendari: Universitas Haluoleo.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Statistika. Bandung: Taristo.

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar. Panrita Press.

https://amaliahnurjannah.files.wordpress.com/2013/05/download-metode-penelitian-eksperimen.pdf

http://gudangartikels.blogspot.com/2013/01/hakikat-pembelajaran-ipa.html (http:/<< Blog Archive>>penelitian eksperimen html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.