Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV
Abstract
Jenis Penelitian ini adalah pra-eksperimen atau pre- experiment dengan menggunakan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design dan menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat 3 variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa media pembelajaran power point dan variabel terikat berupa minat belajar dan kemampuan mempaca siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran power point berpengaruh terhadap minat dan kemampuan membaca siswa SDN 03 Ele Kabupaten Barru. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 03 Ele sebanyak 13 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu murid kelas IV sebanyak 13 siswa dengan teknik pengambilan sampel total sampling.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran power point berpengaruh terhadap minat dan kemampuan membaca siswa kelas IV SDN 03 Ele Kabupaten Barru. hal ini dibuktikan dari hail observasi minat belajar sebesar 86, 67 %. Statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh nilai thitung dengan nilai 5,94 lebih besar dari ttabel dengan nilai 2,178 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Power Point, Minat Belajar, dan Kemampuan Membaca Siswa.
Abstract: This type of research is a pre-experiment or pre- experiment using the Pretest-Posttest Design One-Group research design and using a qualitative approach. There are 3 variables in this research that is independent variables in the form of learning media power point and dependent variable in the form of interest in learning and students' reading ability. This research is aimed to find out whether the power point learning media has an effect on the interest and reading ability of SDN 03 Ele of Barru. The population of this study is all students of grade IV SDN 03 Ele as many as 13 students. The sample in this study is the fourth graders of 13 students with total sampling sampling technique. The results of this study indicate that the use of power point learning media affect the interest and ability to read grade IV students SDN 03 Ele Barru District. this is evidenced from hail observation interest in learning amounted to 86, 67%. Inferential statistics using the t-test formula, obtained tcount value with a value of 5.94 is greater than ttable with a value of 2.178 at a significant level of 5%. This shows that the null hypothesis is rejected and the alternative hypothesis is accepted.
Keywords: Power Point Learning Media, Interest in Learning, and Student Reading Ability.
Full Text:
PDFReferences
Ahsin. 2017. http://ahsinrifqy.blogspot.co.id/2016/06/makalah-keterampilan-membaca.html [diakses pada tanggal 29/04/2017 pukul 14.06 Wita]
Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tinkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dawud. 2008. Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Apresiasi Cerita di Sekolah Dasar. Malang: Sastra Indonesia. [online] tersedia; http//www.ksdpum.web.id/jurnal/Dawud.pdf. Akses Tanggal 06 Juni 2017
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.
Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar, 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Khoirumattin, M. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point terhadap Daya Tarik dan Prestasi Belajar PKN siswa Kelas VII SMP Negeri di Sewon Bantul. Thesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
Lestari, Desi Sri. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Depok tahun ajaran 2010/2011 pokok bahasan Jamur. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Pratiwi, Anggun Asri.2013. Penggunaan Media Power Point terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rianarwati, Dwi. 2006. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Mangun Baru Wates Kulon Progo. Skripsitidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Rudi Susilana, Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sadiman Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, pemanfaatan. Jakarta: Pustekom Dikbud .
Saleh, Abbas. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sanaky, A. H Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Safiria Insania Press.
Slameto. 2003. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi.Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. 2007 Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : UNY Press.
Sukardjo & Ukim Komaruddin. 2013. Landasan Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Sunardi. 2017. Media Pembelajaran. http://lp3m.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Sunardi-Tutorial-Media-Pembelajaran-dg-powerpoint.pdf [di akses pada tangggal 29/04/2017 pukul 11.33 Wita]
Suryabrata, Sumadi. 1988. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bulan Bintang.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian bagi Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. TentangSistemPendidikanNasional. Jakarta: Cemerlang.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Nirmawati Nirmawati, Tarman Andi Arief
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.