Pengaruh Model Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Membaca Konsep Denah Pada Murid Kelas IV SD

Nurvitriawati Nurvitriawati, Sulfasyah Sulfasyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Explicit Instruction terhadap Hasil Membaca Bahasa Indoensia Konsep Denah pada Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang hanya melibatkan satu kelas dan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Satuan eksperimen di lakukan secara acak (random).   Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen one group pretest-posttest desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa sebanyak 23 orang. Adapun instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Explicit Instruction dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Konsep Denah berpengaruh terhadap hasil membaca siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Keadaan ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa posttest yang diberi perlakuan melalui Model Explicit Instruction mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 69,47 dibandingkan dengan pretest yang tidak  menerima perlakuan melalui model Explicit Instruction yaitu 47,65. Berdasarkan uji t baik taraf signifikan 5% diperoleh thitung 7,45 dan ttabel 1,71, karena thitung > ttabel maka ada pengaruh dalam penerapan Model Explicit Instruction terhadap hasil membaca yang diberi perlakuan melalui model Explicit Instruction. Maka berdasarkan pengujian tersebut penggunaan Model Explicit Instruction berpengaruh jika diterapkan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi konsep denah pada kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

 

Kata Kunci: Model Explicit Instructio; Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Arikunto, Suharsini. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakter. Jakarta: Rineka Cipta.

Armayani. 2015. Pengaruh Media Blok Dienes Pada Penjumlahan Mata Pelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas I Sd Negeri 321Ara Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persad

Kurt, S. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekoluh. Bandung: Remaja Karya CV Bandung.

Pande, W. A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Kongkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 17 Dangin Puri Kota Denpasar, (Online), Vol 2, No. 1 (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3744, diakses 10 Februari 2017).

Rahayu. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa SDN 199 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone

Rahmah. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Swasta Semen Tonasa II Kabupaten Pangkep. Skripsi Tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Rusman. 2010. Model-Model Pembealajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sri, N. P. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, (Online), Jilid 1, No. 1 (http://eprints.ung.ac.id/10041/, diakses 10 Februari 2017).

Suhaeda. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembealajaran Kuantum Learning terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Sudijono. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajsgrafindo Persada

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Desain Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tim Kreasi Bahasa. 2005. Kamus Bahasa Indonesia: Kreasi Media.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Explicit Instruction. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenata Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Jakarta: Sinar Grafika.

Winkel. W S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Tarsito.

Zainal, A. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.