Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Materi Dongeng Pada Murid Kelas V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. jenis penelitian eksperimen semu yaitu suatu penelitian dimana peneliti secara sengaja memanipulasi suatu variabel (memunculkan atau tidak memunculkan suatu variabel) kemudian memeriksa efek atau akibat yang ditimbulkannya. Desain penelitian ini menggunakan “One Group Pre test – Post test”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 146 Bontokanang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN 146 Inpres Bontokanang, yang berjumlah 27 orang dengan jumlah laki-laki sebanyak 14 orang dan perempuan sebanyak 13 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian akan digunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audiovisual dengan materi dongeng pada murid kelas V SDN 146 Inpres Bontokanang adalah rata-rata hasil belajar pre test yang diperoleh adalah sebesar 56,33 dengan persentase ketuntasan yaitu 37,04 % yang berada pada kategori sangat rendah. Adapun rata-rata hasil belajar post test yang diperoleh adalah sebesar 77,59 dengan peresentase ketuntasan yaitu 85,19 % yang berada pada kategori sangat tinggi. Adapun hasil akhir dari t hitung dengan menggunakan software SPSS yaitu, 7,446 dengan db = 27-1 = 26 berada pada taraf signifikansi 5 % dengan t tabel sebesar 2,056. Oleh karena thitung ttabel pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan dari data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa “Media Audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada murid kelas V SDN 146 Inpres Bontokanang.
Kata kunci : Pengaruh Media Audiovisua;, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Satuan Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Deway, John. 1916. Democracy an Education. Jakarta : Alfabeta.
Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djumingin, Sulastriningsih .2011. Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra.Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Ibrahim.M.,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.
Iskandarwassid dan H. Sunender, D. 2008. Srategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning dan penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Slavin,R.E.2008.Cooperative Leraning. Bandung: Nusamedia.
Santosa, Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2004.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsuri, Andi Sukri. dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar. Panitia Press Unismuh Makassar.
Trianto.2009. Desain Model PembelajaranI novatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Yania,Risdiawati.2012.Implementasi ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Maulidah Maulidah, Abdan Syakur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.