PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN BESAH II

Riko Ariyanto

Abstract


Pelaksanaan penelitian dilaksanakan atas dasar fenomena yang timbul di kelas IV SDN Besah II, dimana peserta didik memiliki keterampilan sosial yang masih kurang terlihat. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui apakah penggunaan model project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar peserta didik. Dengan adanya inovasi menggunakan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar peserta didik diharapkan dapat menjadi sebuah proses pembelajaran yang membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas atau PTK, dengan subjek penelitian kelas IV SDN Besah II. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat peningkatan hasil keterampilan sosial dan hasil belajar peserta didik pada pra siklus hingga siklus I dan siklus II, pada aspek keterampilan sosial kenaikan keberhasilan 13,5% dan 12%, sedangkan untuk hasil belajar mengalami kenaikan rata-rata dari pra siklus sebesar 58 menjadi 87 pada akhir siklus II, dimana setiap siklus sudah di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh penggunaan model project based learning.


Keywords


Keterampilan Sosial, Hasil Belajar, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Amin, M. A. S. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 195–202. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1930

Dodi Priyatmo Silondae. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki untuk Meningkatkan keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang, 3(2), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jubk.v2i2.2717

Hidayah, S. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial Kelas IV b Pada Muatan Ips Melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 738–745.

Lappa, C., & Mantzikos, C. (2019). European Journal Of Special Education Research Teaching Social Skills In Small Groups Of Children With Multiple Disabilities: Motor And Intellectual Disabilities. An Intervention Program. European Journal of Special Education Research, 4(February), 58. https://doi.org/10.5281/zenodo.2579432

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Purwanto. (2006). Teknik-teknik dan Evaluasi Penelitian. Jakarta: Rosda Karya.

Putra, A., Damayanti, P. S., & Nurahmawati, N. (2021). Hubungan Keterampilan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 217–221. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.84

Sanjaya, W. (2016). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jakarta: Prenamedia Group.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i2.11426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riko Ariyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.