Efektifitas Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas III SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru

Sitti Aida Aziz, Tjodding Tjodding

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media gambar seri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pada siswa Kelas III  SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas III  SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari satu kelas. l. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar menulis cerita siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis statistika, yakni statistika deskriptif. Dari hasil analisis statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) = 58,73 dengan standar deviasi 13,970 berada dalam kategori sangat rendah dan nilai rata-rata setelah perlakuan (posttest) = 76,13 dengan standar deviasi 7,825 berada dalam kategori tinggi, maka diperoleh t0,05 = 2,045. Setelah diperoleh t hitung = 7,76 dan t tabel = 2,045, maka t hitung ≥ t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media gambar seri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pada siswa kelas III  SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pengajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2003. Undang-undang SISDIKNAS. Jakarta

Hamalik, Oemar. 1986. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru

Khusnul, Khotimah. 2008. Hakikat Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Latuheru, John D. 2003. Media Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Qodir, Abdullah. 2008. Pengertian Media Gambar Seri, (online)

(http://repository.uksw.edu//bitstream/handle/123456789/2013/T1_262010785__Bab%20II.pdf?sequence=3, diakses pada tanggal 04 maret 2016)

Rusyana, Yus. 1984. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Sabarti, Akhadiah. 1993. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sadiman, Arief. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Stewig, Sabesta. Dkk. 1999. Belajar dan Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Sudjana, Dkk. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&). Bandung: Alfabeta

Sulaiman. 1998. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali

Suparno dan Yunus Mohammad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Syafi’Ie, Iman. 1999. Pengajaran Membaca dan Menulis di Kelas Awal Sekolah Dasar. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Syamsuri, Sukri, dkk. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar

Tarigan, Djago dan Henry Guntur. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Winataputra. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sitti Aida Aziz, Tjodding Tjodding

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.