Hubungan Antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene

Abdan Syakur

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah ada Hubungan yang Signifikan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene, dengan memilih 32 orang murid sebagai sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas Va dan Vb, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Hubungan Minat Belajar Bahasa Indonesia (X), dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,643. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel (0,643 ≥ 0,361), pada taraf signifikan 5%. Sehingga terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel , maka hipotesis dalam penelitian ini “diterima” dan Terdapat Hubungan yang signifikan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Murid dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene.


Full Text:

PDF

References


Asfar. 2011. Pengaruh Minat Belajar Matematika, Motivasi Berprestasi, dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matemtika Murid Kelas X SMA Negeri di Kecamatan Sinjai. Skripsi. Makassar. UNM.

Azwar, Saifuddin. 2011. Penyusunan Skala psikologi, edisi kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Av Publisher.

Ernawati. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional, MInat Belajar, dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Murid Kelas X Tata Busana SMK Negeri Di Kabupaten Jeneponto. Tesis. PPs UNM.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, Oemar. 2008.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, 2006. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Pada Murid Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ihsan, Muhammad. 2013. Pengaruh Metakognisi dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kreativitas Belajar Murid Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Tesis. PPs UNM.

Kaniyem. 2010. Minat Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Murid (Online). http://kaniyem.blog.uns.ac.id/2010/07/01/minat-belajar/.

Diakses, 28 juni 2016.

Muhammad & Weheed. 2011. Secondary Student’s Attitude Towars Mathematics in a Selected School Malderis. Journal (Online). International Journal of Humanities and Social Vol. 1 No 15 [Special Issue-October 2011] (Online). http://www.ijhssnet.com/journals.Vol_1_No_15Special_Issue_October_2011/34.pdf. Diakses, 28 juni 2016.

Murtafiah.2013.Pengaruh Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orang Tua, dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Murid Kelas XI IPA SMAN Di Kota Pare-Pare. Tesis. PPs UNM.

Padmono. 2002. Evaluasi dan Pengajaran. Surakarta: FKIP UNS.

Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Sagala, Syaiful. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Santrock, John. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Schunk, Dale H. 2012. Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks

Soemanto. Wasty. 2003. Psokoligi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdan Syakur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.