Pengaruh Penerapan Metode Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar

Sulfasyah Sulfasyah, Rubianto Rubianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reciprocal teaching terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 68 siswa. Sampel terdiri dari 34 siswa kelas kontrol dan 34 siswa kelas eksperimen. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu jenis tru-eksperimen dengan desain posttest only control design dan tes yang dilakukan dalam bentuk posttest keterampilan menulis puisi siswa pada lembar tes unjuk kerja. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program SPSS.22 uji t independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata siswa. Pada siswa kelas kontrol tanpa menggunakan metode reciprocal teaching memperoleh nilai rata-rata 60,88 masih jauh dari standar KKM yang sudah ditentukan. Pada siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode reciprocal teaching memperoleh nilai rata-rata 83,82 berarti sudah memenuhi standar KKM. Diketahui bahwa pada nilai thitung = 6,547 dengan Sig (2-tailed) = 0.000 dan nilai ttabel = 1.99656 maka, thitung = 6,547 > ttabel = 1.99656 berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode reciprocal teaching terhadap keterampilan menulis puisi Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar Tahun  Pelajaran  2016/2017. Metode ini mampu membuat siswa mengembangkan kreativitas dalam diri dan mampu menumbuhkan bakat siswa secara mandiri dalam kegiatan keterampilan menulis puisi.

References


Anggraini, Malini Dewi. 2014. Keterampilan menulis puisi menggunakan media poster siswa kelas V SD Swasta Bintan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Arikunto, Suharsim. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekata Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Djiwandono, M. Soenardi. 2008 .Tes Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasan, M. Iqbal (2010). Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif), Cet VI; Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kosasih. 2012. Dasar–Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Manohar, U. 2008. Model Reciprocal Teaching Strategies.Artikel.Tersedia pada http://www.buzzle.com. Diakses pada tanggal 1 februari 2017.

Maryati. 2006. LKS Bahasa dan sastra Indonesia SD Kelas V. Semarang: Aneka Ilmu.

Mauliddiyah, Iklima Siti . 2012. pembelajaran menulis narasi dengan model reciprocal teaching pada kelas V SD Negeri 113 bengkulu Selatan. Skripsi tidak diterbitkan

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muslich, Mansur. 2009. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Malang: PT Bumi Aksara.

Noriasih, Ni Ketut. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Bacaan Ditinjau dari Konsep Diri Akademik Siswa. Skripsi tidak diterbitkan.

Pradopo. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Priyatni, Tri Endah. 2010. Membaca Sastra dengan Ancaman Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ridwan. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model–Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT Grasindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Menulis Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Umri Nur’aini. (2008). Bahasa Indonesia 5 : untuk SD/MI kelas V BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim.2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sulfasyah Sulfasyah, Rubianto Rubianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.