Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Muhammad Basri

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar murid kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar murid SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi disini dari kelas 1-6 yang berjumlah 282 murid dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD Inpres Bertingkat yang berjumlah 50 murid. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rxy (hitung) = 0,83 pengaruh bimbingan orang tua  terhadap prestasi belajar murid SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa diperoleh nilai  rtabel untuk n=50 yaitu 0,2306. Nilai rhitung  > rtabel berarti terdapat pengaruh bimbingan orang tuaterhadap prestasi belajar murid di SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.


Full Text:

PDF

References


ArifTiro, Muhammad. 2001. Dasar-dasarStatistika. Makassar: MSU Press.

Arikunto,Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 1998. Pengertian Penyusunan Angket. Bandung: Yrama Widya

Budiyono 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Mi Miftahul Falah Dusun Gayam Desa Kadirejo Kecamatan

Badolo, Mas’ud, 2008. PedomandanTeknikPenulisanSkripsi. Parepare.

Barnawi. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik II. Jakarta: Bina Aksara.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik II. Jakarta: Bina Aksara.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pabelan Kabupaten Semarang. Semarang: STAIN. tidak diterbitkan.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyai Sumantri dan Johar Pramana. 2001. Strategi Belajar mengajar. Bandung: CV.Maulana.

Nur Laili Khusna. 2015. Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Preastasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Dayasakti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat

Priyatno, Erman Anti . 1999. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin. R. 2005. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media

Subana dan sudrajat 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung; CV Pustaka Setia

Tampubolon. 1996. Bimbingan dan konseling. Malang: LPM IKIP Malang

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi.Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar.

Wingkel, W. S, 1997. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Basri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.