Pengaruh Pengunaan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Murid dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi IPA Kelas IV SDN Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa

Wahyuni Wahyuni, Khaeruddin Khaeruddin, Irmawanty Irmawanty

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah tedapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar murid bidang studi IPA kelas IV SDN Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran bidang studi IPA kelas IV SDN Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pretest Posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga teradap hasil belajar murid dalam proses pembelajaran bidang studi IPA kelas IV SDN Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa tahun ajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah murid Kelas IV sebanyak 28 orang. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari  aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar IPA murid secara klasikal dan aktivitas murid dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data hasil belajar IPA murid yang dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, data tentang aktivitas murid dalam pembelajaran IPA dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar murid. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar murid terhadap alat peragat positif, pemahaman materi dan konsep dari IPA dengan media pembelajaran alat peraga ini menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan alat peraga. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 8,32 dengan frekuensi dk = 28 –1 = 27, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t Tabel = 0,381. Jadi, t Hitung  >  t tabel atau  hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA mempunyai pengaruh dari pada sebelum menggunakan media pembelajaran alat peraga.

Full Text:

PDF

References


Asri, A. 2015.Laporan Pemantapan Profesi Keguruan SD Inpres Timbuseng.Laporan tidak diterbitkan.Makassar :Unismuh Makassar.

Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung :Alfabeta.

Arsyad, A. 2013.Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Latuheru, J.D. 2002.Media Pembelajar.Makassar: Makassar State University.

Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :Alfabeta.

Rahayu, S. 2015.Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif (Explicit Instruction) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Murid Kelas V SD Negeri 15 Jawi-Jawi Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : Unismuh Makassar.

Hamid Darmadi. 2013.Metode penelitian pendidikan dan sosial.Bandung :Alfabeta.

Tripalupi, L. E. &Suwena, K. R. 2014.Statistika.Singaraja :Graha Ilmu.

Widaningsih. 2011. Penerapan Metode Penggunaan Alat Peraga dengan Peta Konsep sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar IPA Biologi Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Murid Kelas VII B Smpn 3 Godean”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : UIN SunanKalijaga.

Sudjana, N & Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Tiro, A. 1999. Dasar-dasar Statistik, Ujung Pandang: universitas Makassar.

Tim Penyusun. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.

Tanjung Nur Bahdin dan H. Ardial. 2008. Pedoman penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahyuni Wahyuni, Khaeruddin Khaeruddin, Irmawanty Irmawanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.