Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Wardatul Adawiyah, Muhammad Basri, Hanis Nur

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu disiplin belajar .Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Murid SD Negeri Sumanna  Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Murid SD Negeri Sumanna  Kecamatan Tamalate Kota Makassar Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu korelasional yang akan mengungkap pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar SD Negeri Sumanna  Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Populasi adalah seluruh Murid di SD Negeri Sumanna yang berjumlah 240 murid sampel yaitu seluruh murid kelas V SD Negeri Sumanna  Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan jumlah 50 murid SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Mengingat bahwa populasi penelitian sampel besar maka penulis menggunakan teknik purposive sampling  teknik pertemuan secara langsung yang diukur adalah kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar. Untuk Variabel kedisiplinan belajar, diukur dengan menggunakan angket yang disebarkan pada ke 50 orang murid kelas V yang terpilih sebagai responden penelitian. Variabel prestasi belajar didapat dari nilai rata-rata lapor murid dilihat dari hasil belajar. Data kedisiplinan belajar di peroleh nilai rata-rata yaitu 70.02 dan prestasi belajar di peroleh nilai rata-rata yaitu 81.02. Untuk data kedisiplinan belajar dan prestasi belajar diperoleh rhitung sebesar 0,69 dan nilai rtabel untuk n =50 yaitu 0,279 Nilai rhitung>rtabel berarti terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Sumanna  Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Full Text:

PDF

References


Arif Gunarso.1993. Bagaimana Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Surabaya : Usaha Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.

Dimyati, (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta :PT RinekaCipta.

Hurlock, Elizabeth. (1999). Psikologi Perkembangan (suatu pendidikan sepanjang rentang kehidupan). Jakarta :Gelora Aksara Pratama

Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Meichati, Siti.1993. Psikologi Pendidikan (Terjemahan). FIP – IKIP Yogyakarta.

Ma’sumah, Siti. (2015). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertahanan Kabupaten kebumen.Skripsi Publikasi.Semarang: Universitas Negeri Semarang

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung :Remaja Rosda karya

Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto. 2014. Discipline as a Factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Educational and Social Research. (Online). Vol.4 No.1. Tersedia: http://www.mcser.org/journal/index.php/jesr/article/view/1847. Diunduh 9 Januari 2015.

Nursisto. (2008). Mengenal Pelanggaran Tata Tertib di Sekolah tarmizi. Wordpress. Com. (online).

Poerwodarminto, W.J.S. 1997. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Purwanto, Ngalim. 2014. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soewondo. (1982). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka

Suryabrata, Sumadi. (2001). Metodologi Penilitan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Bandung :Alfabeta

Tu‟u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Wilis Dahar Ratna. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Bandung: Penerbit Erlangga.

Wibisono, Jarwot. (2010). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 Salatiga: Sekolah Tinga.

WS. Winkel (1996) . Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.cp




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wardatul Adawiyah, Muhammad Basri, Hanis Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.