UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BANGKALA III KOTA MAKASSAR

ana vavuu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas IV SD Inpres Bangkala III kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang di laksanakan secara bersiklut daya tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Inpres Bangkala III Kota Makassar yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus 2 meningkat menjadi 89,74% kategori sangan baik dan hasil observasi aktvitas siswa meningkat menjadi 81,81% kategori sangat baik dan hasil belajar siswa mencapai nilai KKM yaitu 82,75%

Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar IPA Pelalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bangkala III Kota Makassar.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Proyek


Full Text:

PDF

References


Arifin, zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2013.Model pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2011. Kurikulum Berbasis Kompetensi Dasar Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Desstya, Anatari dkk. 2017. Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar Di Indonesia: Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire Dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, vol. 4, No.1, Juli 2017: 1-11.

Dimayanti dan Mudjiyono. 2013. belajar dan pembelajaran proyek pembinaan dan peningkatan mutu tenaga kependidikan, direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen pendidikan dan kebudayaan.

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faisal. 2012. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Iskandar.2013. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV Maulana.

Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Paizaluddin, Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Purwanto.2014.Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda karya.

Rusman.2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo

Sumarno, Wiji. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Suryono & Haryanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto.2013.Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.

Suswati, Defi. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Thobroni M. 2017. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Tirtonegoro. Sutartinali. 2016. Anak Super Normal dan program pendidikannya.Jakarta: Bina Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.

Nurinsan. 2018. Penerapan Metode Probing-Prompting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Bungeng Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Bantaeng: STKIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Paizaluddin & Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta cv.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharti. 2017. Pengaruh Penerapan Metode The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 02 Beleka. Skripsi.Mataram. Universitas Mataharam.

Suprijono. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suprihatiningrum, jamil. 2017. Strategi pembelajaran, teori & aplikasi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i2.10821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ana vavuu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.