Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Dua Konsep Antara Penerapan Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Kontekstual pada Kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto

Widyastuti Widyastuti, Hasaruddin Hafid, Nasrun Nasrun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Jigsaw  dan Pembelajaran Kontekstual Pada murid Kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 30 murid pada kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling. Pengolahan data hasil penelitian untuk hasil tes belajar yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar murid antara model pembelajaran Tipe Jigsaw dan Kontekstual. Variabel yang paling dominan mempengaruhi terhadap hasil belajar adalah Tipe Jigsaw dengan nilai koefisien sebesar 85,3 sedangkan pada model pembelajaran Kontekstual nilai rata-rata kelas yaitu 62.6 artinya apabila murid Kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto meningkatkan model pembelajaran Tipe Jigsaw dengan baik dan tepat, maka murid akan semakin menyimpan hasil belajar dalam memory mereka karena diferensiasi tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika murid kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Jigsaw dan Kontekstual, sehingga hipotesis H0 dinyatakan ditolak dan hipotesis H1 diterima. 


Full Text:

PDF

References


Arif S. Sadiman, (1984:11). Proses Belajar Mengajar Pada Hakikatnya, Jakarta : Bumi Aksara.

Oemar Hamalik, (2008:157). Belajar dan Motivasi, Jakarta : Rineka Cipta.

Agus Supriono (2009: 40), Model Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Mujafar,. (2006). Pembelajaran Matematika, Surakarta : University Press.

Ira Kurniawati. (2003). Metode Pembelajaran Kooperatif, Bandung : Bina Media Informasi.

Sardulo Gembong. (2008). Efektifitas Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Informatika.

Dimyati dan Mudjiono.(2006:41). Kegiatan Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Informatika.

Erman Suherman.. (2001:9). Konsep Sosiologi, Jakarta : Rineka Cipta.

Tabrani. (1989:1). Kondisi Belajar, Bandung : C.V. Permadi.

Arikunto, (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Bumi Aksara.

Budiningsih, (2005).Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas.(2005). Teori Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin et.al. (2000). Pembelajaran Kooperatif, Surabaya : University Press.

Karli, Hilda dan Margaretha S.Y. (2002).Model-Model Pembelajaran, Bandung : Bina Media Informasi.

Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Informatika.

Amin Suyitno. 2008. Pendekatan dan Model Pembelajaran. Semarang : FMIPA UNNES.

Arends, Richard I. 1997. Classroom Intruction and Management. United States of America : McGraw-Hill Companies.

Arief S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono, 1984. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT rajaGrafindo Persada.

Budiyono.2003. Metodologi Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University, Press.

Budiyono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit

Rhineka Cipta.

Erman Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung : JICA-UPI.

Hamzah B. Uno.2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ira Kurniawati. 2003. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktifitas Belajar Siswa Kelas II SLTP Negeri 15 Surakarta”. Surakarta. UNS.

Joesmani. 1988. Pengukuran dan Evaluasi dalam Pengajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mohammad Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mohamad Nur. 1999. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya :Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyastuti Widyastuti, Hasaruddin Hafid, Nasrun Nasrun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.