Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Mangasa I Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Evi Sarpika, Hambali Hambali, Tarman Arief

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Mangasa I Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pre eksperimental dengan jenis one group pre test-post test design. Desain ini melakukan dua kali pengukuran terhadap pemahaman siswa tentang materi yang akan dijadikan sampel. Pengukuran pertama (pre test) dilakukan untuk melihat kondisi sampel sebelum diberikan perlakukan, yaitu tingkat pemahaman siswa kelas V sebelum diterapkan pembelajaran konstruktivisme dan pengukuran kedua (post test) dilakukan pembelajaran konstruktivisme untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas V setelah diterapkan oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V Sd Negeri Mangasa I sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran konstruktivisme pada kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Mangasa I Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa berpengaruh. Hal  ini tampak pada tingkat kemampuan siswa sebelum menggunakan model pembelajaran yaitu rata-ratanya hanya mencapai 60,83. Selanjutnya setelah menggunakan pembelajaran konstruktivisme nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 87,5 hal ini berarti bahwa tingkat kemampuan siswa meningkat. Pengaruh pembelajaran konstruktivisme diketahui pula berdasarkan hasil perhitungaan uji t. Hasil penelitian diperoleh, tHitung= 18,51 dan tTabel= 2,04 maka tHitung ≥ tTabel atau 18,51 ≥ 2,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa pembelajaran konstruktivisme memberikan pengaruh positif yang signifikan..


Full Text:

PDF

References


Akhadiah. 1991. Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Akhadiah. (1988,1997). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Ilman (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Gambar Seri Kelas V SDN 3 Parepare. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Karli, H. dan Yuliariatiningsih, M.S. (2003). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.

Mohamad Yunus, Suparno. 2003. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Paul Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Piaget. (1981). The psychology of Intelligence. Totawa: Littlefield, Adam & Co.

Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat; Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rusniati (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) pada Siswa Kelas V SD Inpres Bontoa Kabupaten Gowa. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Suriamiharja.1996. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Yunus, M, 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Tebuka.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta :Universitas trerbuka.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago. 1996. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yunus, Mohammad. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zainab, Sitti. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme

untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia Kelas V SD. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Evi Sarpika, Hambali Hambali, Tarman Arief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.