Efektifitas Pembelajaran Matematika melalu Pendekatan Problem Possing Setting Kooperatif pada Siswa Kelas V SD Inpres Batangkaluku Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Dyandra Pramudita, Baharullah Baharullah, Mukhlis Mukhlis

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah pembelajaran matematika efektif melalui penerapan pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif pada siswa Kelas V SD Inpres Batangkaluku Kecamatan Somba Opu Kabupten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Problem Posing setting Kooperatif pada siswa Kelas V SD Inpres Batangkaluku Kecamatan Somba Opu Kabupten Gowa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang hanya melibatkan satu kelas dan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Satuan eksperiment di lakukan secara acak (random). Desain penelitian ini adalah the one group pretest-posttest design. Prosedur penelitian ini meliputi memberikan tes awal(pretest) kepada kelas yang terpilih, melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Posing setting Kooperatif, setelah pembelajaran diberikan lagi tes akhir (posttest), dan melakukan analisis data pretest dan posttest yang telah dikumpulkan. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Inpres Batangkaluku Kecamatan Somba Opu Kabupten Gowa .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan RPP dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan dan saran siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Problem Posing setting Kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata 83 dari skor ideal 100, skor terendah 53 dan skor tertinggi 100 dengan standar deviasi 69,85 dan tercapai tuntas klasikal. (2) Persentase rata-rata aktivitas siswa mencapai 72,9%. (3) Aktivitas guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,6. (4) Respon positif siswa mencapai 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika efektif melalui penerapan pendekatan Problem Posing setting Kooperatif pada siswa Kelas V SD Inpres Batangkaluku Kecamatan Somba Opu Kabupten Gowa.


Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran

Kontekstual (INOVATIF). Bandung: Yrama Widya.

Brickman, P., “Effects of Inquiry-Based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence”, International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning. Vol. 3 (2), 2009.

Borg, W. R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research. Fourth edition. NewYork: Longman Inc.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Lember Kerja Siswa. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Hartono, Rudi. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Hussain, A., dkk., “Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry vs Traditional Lecture”, International Journal of Humanities and Social Learning. Vol. 1 (19), 2011.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kemendiknas. 2007. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Univessitas Negeri Malang

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dyandra Pramudita, Baharullah Baharullah, Mukhlis Mukhlis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.